Jenis Lensa Kontak yang Perlu Anda Ketahui

Lensa kontak adalah salah satu penunjang bagi seseorang untuk melihat dengan baik dan dianggap sebagai alat yang praktis sekaligus tetap stylish. Kenapa bisa melihat dengan baik? Karena lensa kontak bisa membantu seseorang yang memiliki gangguan pada mata, seperti rabun dekat, silinder dan rabun jauh.

Kini, lensa kontak yang beredar di masyarakat pun juga bervariasi, mulai dari brand, harga, warna dan jenis lensa kontak itu sendiri. Sebelum Anda memutuskan untuk membeli dan menggunakan lensa kontak, ada banyak hal yang perlu Anda ketahui mengenai jenis lensa kontak. Salah satunya, berdasarkan jenis bahannya.

Softlens

  1. RGP atau Rigid Gas Permeable, dikenal dengan semi-hardlens, karena memiliki fisik yang keras dan kaku sehingga tingkat kenyamanannya pun rendah. Namun, RGP diklaim sebagai lensa kontak yang memiliki daya tembus oksigen paling tinggi diantara jenis kontak lens lainnya, sehingga baik untuk kesehatan kornea mata. Tak heran jika beberapa kasus kelainan mata, banyak dokter mata menyarankan lensa RGP karena cocok bagi penderita miopia dan astigmata (silinder)

  2. Lensa kontak lainnya, yakni berbahan HEMA (Hydroxyethylmethacrylate) yang sering disebut dengan softlens, jenis yang paling banyak digunakan saat ini. Memiliki tampilan fisik yang lembut dan lentur membuat lensa kontak ini nyaman untuk digunakan. Lensa kontak berbahan HEMA ini memiliki sifat Hydrophilic (Water Loving) sehingga mudah menyerap air mata, hal tersebut yang terkadang membuat softlens terasa kering, khususnya bagi mereka yang tidak memiliki cukup airmata atau yang berada di ruangan ber-AC.

  3. Lensa kontak Silicone Hydrogel bisa dibilang seperti perpaduan dari keunggulan RGP dengan kelebihan pada HEMA. Pada dasarnya, lensa kontak ini memiliki kelenturan yang hampir sama dengan bahan HEMA sehingga nyaman digunakan. Karena bahannya yang unik, meskipun kadar airnya tergolong rendah tapi daya tembus oksigennya 5 kali lebih banyak dari softlens HEMA sehingga bisa digunakan sampai 12 jam perhari. Sangat cocok bagi Anda yang perlu menggunakan lensa kontak dalam waktu lama.

Selain dibagi berdasarkan bahan, lensa kontak bisa dibagi berdasarkan masa pakai seperti penggunaan lensa kontak harian, mingguan mau pun bulanan. Tentu hal ini bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan gaya hidup Anda. Pastikan sebelumnya Anda berkonsultasi dengan dokter mata atau optician terlebih dahulu sebelum menggunakan lensa kontak, ya! (MV/KT)

 

SHARE IT