Seperti Ini Ciri-ciri Mata Silinder

Di antara kita, tentu ada banyak yang memiliki permasalahan pada penglihatan. Ketika melihat suatu objek, kendala apa yang biasa Anda rasakan? Kesulitan melihat garis lurus atau penglihatan sedikit buram? Kesulitan melihat garis lurus seringkali dikaitkan dengan mata silinder. Simak penjelasan di artikel kali ini yang akan membahas ciri-ciri mata silinder pada seseorang.

 

Mata silinder atau yang biasa disebut dengan astigmatisme terjadi karena bentuk kornea atau lensa pada bagian dalam bola mata tidak memiliki kelengkungan yang sempurna. Hal inilah yang menjadi penyebab kelainan refraksi mata yang tidak dapat memfokuskan mata pada retina, sehingga objek tidak terlihat jelas. Berikut ciri-ciri mata silinder yang bisa mengganggu penglihatan Anda.

 

1. Pandangan buram atau kabur

Kelainan refraksi mata yang satu ini merupakan tanda umum yang menunjukkan adanya kerusakan mata, salah satunya silinder. Dalam keadaan normal, bentuk kornea atau lensa di bola mata berbentuk bulat. Namun dalam kondisi mata silinder, lengkungan pada lensa mata tidak berbentuk sempurna sehingga perbedaan bentuk lengkungan inilah yang mengubah cahaya yang masuk tidak jatuh tepat di retina dan menjadi penyebab penglihatan mata menjadi kabur dan tidak jelas. Salah satunya, akan kesulitan meilhat garis atau permukaan lurus.

 

2. Mata lelah dan sulit fokus

Jika mata harus fokus dalam waktu lama di kegiatan keseharian Anda seperti membaca buku, menatap layar digital, bekerja di depan kantor atau lainnya, tentu mata harus bekerja ekstra keras akibat adanya kerusakan. Tak heran mata akan mudah lelah saat melihat, bahkan bisa menyebabkan mata perih, gatal atau berair sehingga Anda perlu mengistirahatkan mata sejenak dengan cara memejamkannya. Di sisi lain, jika mata anak Anda menunjukkan gejala mata silinder, harus segera diatasi agar tidak menjadi penyebab mata malas. Baik Anda atau anak kesayangan, usahakan untuk rutin periksa mata setiap enam bulan sekali.

 

3. Sering menyipitkan mata

Ciri-ciri yang satu ini juga menjadi penanda bahwa Anda memiliki mata silinder. Kesulitan melihat suatu objek tanpa disadari akan menyipitkan mata agar objek terlihat cukup jelas. Gejala mata silinder sendiri dapat mudah diketahui saat Anda memiliki gangguan penglihatan lainnya seperti rabuh jauh. Pada dasarnya, bagi Anda yang mengalami rabun jauh biasanya masih bisa melihat objek dari dekat dengan jelas. Namun karena mata silinder, penglihatan yang dekat pun menjadi buram.

 

4. Sakit Kepala

Tahukah Anda, kondisi mata silinder yang parah bisa berdampak pada timbulnya rasa sakit kepala. Biasanya terjadi akibat mata bekerja terlalu keras dan lama agar melihat dengan jelas. Namun pada kondisi mata silinder yang ringan, mata akan menyesuaikan. Nah jika timbul rasa sakit di kepala secara terus menerus dan semakin parah, segera langsung ditangani ya!

Baca juga : Pentingnya mematikan lampu saat tidur

BAGIKAN