Ini Asupan Makanan Sehat untuk Mata Anak di saat Belajar Online!

Makanan sehat untuk mata anak sangatlah penting untuk para orangtua ketahui. Terlebih lagi dengan kondisi pandemi Covid-19 saat ini, yang mengharuskan sekolah dari rumah melalui perangkat digital. Screentime atau waktu belajar anak di depan layar tentu meningkat, itu pun belum termasuk dengan jam main saat anak menonton televisi dan bermain game. Kira-kira langkah apa saja yang sudah Anda lakukan sebagai orangtua?

Memberikan asupan makanan yang bergizi pada anak adalah salah satu langkah mudah yang perlu Anda lakukan. Ada banyak makanan yang memiliki efek baik pada kesehatan mata anak. Dilansir dari Tempo.co, daftar lima makanan yang baik untuk mata sehat anak, meliputi;

 

1. Keju dan Telur

Siapa yang tidak kenal dua makanan ini? Ya, keju dan telur kaya akan vitamin A yang dikenal baik untuk kesehatan mata. Kuning telur sendiri kaya akan zat gizi lutein yang juga baik untuk kesehatan mata, baik mata anak mau pun dewasa. Kreasikan masakan telur untuk anak dengan buat jadi omelet kemudian tambahkan keju di atasnya. Dijamin, anak Anda pasti suka!

2. Ikan

Sumber asam lemak omega 3 bisa Anda temukan pada ikan. Ikan sarden dan ikan salmon merupakan ikan yang kaya akan asam lemak omega 3. Cobalah membuat hidangan ikan dalam bentuk resep yang menarik untuk anak Anda makan.

3. Coklat Almond

Tentu anak pasti suka dengan coklat, agar semakin memiliki banyak manfaat dan menambah nutrisi, tambahkan kacang almond yang kaya dengan vitamin E sebagai camillan anak sehari-hari. Tentunya diiringi dengan menggosok gigi ya agar gigi anak tetap sehat dengan menggosok gigi setiap hari, sehingga kesehatan mata dan gigi anak terjamin. Ganti camilan anak dengan camilan sehat jauh lebih baik daripada cemilan chiki dan wafer di saat istirahat belajar.

4. Sayuran

Sayur apa yang menjadi favorit anak Anda? Ya, makanan sehat untuk mata anak Anda kali ini adalah sayuran hijau. Ketahui nutrisi pada sayur yang dibutuhkan anak Anda seperti kandungan vitamin A, vitamin C dan vitamin K yang baik untuk sang buah hati. Nah, sayuran seperti brokoli, selada, kale dan bayam bisa menjadi pilihan yang pas untuk Anda berikan pada anak.

5. Buah

Kebutuhan nutrisi yang dibutuhkan anak semakin lengkap dengan mengonsumsi buah-buahan. Memberi buah pada anak sebagai bahan camilan merupakan ide yang bagus untuk dilakukan. Berikan anak semangkuk buah yang segar dan manis seperti buah jeruk, mangga, kiwi dan pepaya yang kaya akan vitamin C, vitamin A, antioksidan dan beta karoten yang baik untuk kesehatan mata anak.

Mari kita jaga kesehatan mata Anda dan keluarga terutama anak dengan mengonsumsi kelima jenis makanan di atas, agar mata anak tetap sehat selama sekolah online dari rumah. Nah, meskipun #DiRumahAja, periksakan mata anak Anda setiap enam bulan sekali melalui Optik Tunggal Mobile Experience untuk kemudahan dan kenyamanan pemeriksaan serta membeli kebutuhan mata anak lainnya.

BAGIKAN