Cara Mengatasi Mata Lelah? Yuk, Coba 3 Gerakan Senam Mata Ini

Belajar atau bekerja di rumah saat di depan laptop kadang membuat mata lelah lebih terasa. Berjam-jam di depan layar terkadang membuat kita lupa bahwa mata harus istirahat. Apabila mata sudah menunjukkan gejala mata lelah perih, penglihatan kabur, pusing atau bahkan mengeluarkan air mata, ada baiknya Anda mulai waspada. Yuk, ketahui cara mengatasi mata lelah secara cepat dan sederhana dengan melakukan tiga gerakan senam mata yang bisa Anda lakukan di rumah sebelum berkonsultasi dengan dokter.

1. Gerakan Memutar Mata

Cara mengatasi mata lelah bisa di mulai dengan gerakan senam memutar mata Anda. Gerakan mata Anda secara melingkar yang searah dengan jarum jam sebanyak lima kali, lalu lanjut dengan menggerakan mata Anda secara melingkar namun berlawanan dengan jarum jam. Lakukan sebanyak lima kali dengan santai tanpa tergesa-gesa.

2. Fokus Melihat Dekat-Jauh

Untuk cara mengatasi mata lelah lainnya yakni dengan gerakan melatih otot mata. Di mana Anda memfokuskan mata pada objek yang dekat dan jauh secara bergantian. Cara ini cukup mudah untuk dilakukan saat waktu senggang lho!

Tempatkan jari Anda di depan wajah dengan jarak 30 cm dan pandangan mata lurus ke jari. Setelah 5 detik, alihkan fokus mata ke tempat yang lebih jauh dengan jarak tiga meter dan obyek yang jaraknya lebih jauh lagi dari posisi Anda. Ulangi cara ini sebanyak tiga kali ya!

3. Pijat Bagian Kelopak Mata

Untuk cara ini, Anda perlu menggerakan tangan ke bagian atas kelopak mata dan menekannya secara perlahan serta ringan. Tekan dan tahan mata selama tiga detik, lalu lepaskan. Lakukan kegiatan ini selama 10 kali. Namun sebelum memulai, pastikan cuci tangan Anda lebih dahulu sebelum menyentuh mata.

Jika tiga kegiatan senam mata ini dilakukan secara rutin, mata akan menjadi lebih segar dari biasanya. Nah jika sudah melakukan aktivitas luar tubuh dengan senam mata agar terhindar dari mata lelah, Anda juga perlu melakukan aktivitas rutin dari dalam tubuh dengan mengonsumsi sayur dan buah yang baik untuk kesehatan mata. Mencegah lebih baik daripada mengobati, bukan?

Periksakan juga mata Anda setiap enam bulan sekali untuk penglihatan yang lebih baik serta ketahui penggunaan lensa yang cocok untuk aktivitas Anda sehari-hari. Pemeriksaan mata bisa melalui dokter mata langganan Anda atau Optik Tunggal dan ZEISS Vision Center terdekat. Yuk, jaga kesehatan mata Anda sekarang!

BAGIKAN