Pusing Saat Memakai Kacamata Baru?

Menggunakan kacamata dapat membantu Anda melihat dengan baik dan jelas. Namun, pernahkah Anda merasa pusing saat pertama kali memakai kacamata baru? Atau di saat upgrade lensa kacamata yang baru dan mencobanya?

 

Ketika Anda memakai kacamata pertama kalinya atau menggunakan kacamata dengan resep baru, mata akan dengan otomatis beradaptasi dalam proses melihat. Seperti belajar naik sepeda dari roda tiga ke roda dua, kita akan belajar untuk mengimbangi hal yang tidak pernah dicoba sebelumnya. Jadi, sama seperti mata yang perlahan-lahan akan mengimbangi penglihatan yang tidak seperti biasanya. Termasuk otot-otot kecil dalam mata yang secara tiba-tiba harus menyesuaikan penglihatan baru. Nah, adaptasi yang mendadak inilah menjadi penyebab kenapa menggunakan kacamata baru akan terasa pusing.

 

Kondisi pusing sendiri akan Anda rasakan kurang lebih selama seminggu ke depan. Dengan membiasakan diri memakai kacamata baru, lama-kelamaan mata menjadi terbiasa dan semakin nyaman untuk melihat.

 

Lalu bagaimana caranya mengurangi rasa pusing saat memakai kacamata baru? Brieann Adai, optometris dan instruktur klinis dari NYU Langone Health memberi saran untuk menggunakan kacamata baru selama 3 - 4 jam kemudian istirahatkan lalu pakaikan kembali esok harinya. Hal ini dilakukan agar mata Anda bisa beradaptasi dengan baik.

 

Namun jika pusing sudah sangat mengganggu saat memakai kacamata dan lebih dari seminggu, silakan berkonsultasi ke dokter mata atau optometris di optik tempat Anda membeli untuk mengecek kembali mata dan resep ukuran lensa untuk Anda. Selama masa pemakaian kacamata baru, batasi waktu bermain gadget dan sesuaikan pencahayaan di lingkungan sekitar Anda.

SHARE IT