Manfaat Sinar Matahari Saat Berjemur

Merebaknya virus Covid-19 menjadikan kegiatan berjemur menjadi hal yang penting dan mudah untuk dilakukan demi kesehatan tubuh, apalagi dengan adanya instruksi dari pemerintah untuk sebisa mungkin tetap berada di rumah. Tidak heran, banyak pemberitaan yang ramai-ramai menyarankan untuk berjemur di sinar matahari pagi.

Kira-kira, apa saja manfaat sinar matahari pagi bagi kesehatan? Dilansir dari Lifehack.com, ini manfaat yang bisa Anda dapatkan ketika berjemur di bawah sinar matahari pagi:

- Memenuhi kebutuhan vitamin D tubuh

Tahukah Anda, bahwa tubuh tidak bisa memproduksi vitamin D sendiri? Jika kekurangan vitamin D, tubuh akan mudah terkena berbagai macam penyakit seperti osteoporosis, hipertensi dan lain lain. Untuk mendapatkan vitamin D pada tubuh, salah satu caranya yakni dengan berjemur di sinar matahari pagi.

- Meningkatkan daya tahan tubuh

Dengan berjemur selama 15 menit di bawah sinar matahari pagi, tubuh akan memproduksi sel darah putih. Dimana, sel darah putih berfungsi sebagai pembunuh semua benda asing seperti virus dan bakteri yang masuk ke dalam tubuh.

- Meningkatkan kualitas tidur

Kesulitan tidur di malam hari, bisa berdampak pada kesehatan. Cobalah untuk berjemur di bawah sinar matahari pagi. Pasalnya, sinar matahari akan merangsang hormon melatonin. Salah satu hormon yang berfungsi untuk bisa mengatur siklus tidur tubuh.

Jadi mulai sekarang biasakan bangun pagi lalu berjemur di bawah sinar matahari. Tidak perlu setiap hari, cukup jadwalkan setiap 2 – 3 kali dalam seminggu. Pastikan juga mengenakan sunglass setiap ingin berjemur, agar mata terhindar dari efek negatif apabila terpapar oleh sinar matahari langsung.

SHARE IT