Mata Terasa Gatal Saat Mau Tidur? Coba Tips Ini!

Pernah merasa mata gatal saat mau tidur? Tiba-tiba mata terasa gatal saat mau tidur sungguh mengganggu, lho! Berharap bisa tidur dengan nyenyak setelah seharian beraktivitas justru terganggu dengan gatal pada mata. Mungkin terlihat sepele, namun hal ini bisa beresiko besar, seperti kurangnya tidur atau tidur menjadi tidak nyenyak sehingga bisa menurunkan produktivitas Anda. Nah, simak cara di bawah ini agar mata terhindar dari rasa gatal!

  • Bersihkan area sekitar mata

    Membersihkan muka secara menyeluruh terutama bagian mata sangatlah penting. Jadi untuk Anda perempuan atau pun pria, wajib untuk membersihkan muka setelah seharian beraktivitas. Debu, bahan kimia, mau pun makeup yang menempel di area mata dan wajah bisa memicu gatal pada mata. Pastikan sebelum tidur, kondisi tubuh dan wajah bersih dari kotoran yang menempel.

  • Gunakan Aturan 20-20-20

    Pemicu mata gatal bisa juga dari mata lelah akibat terlalu lama memandang layar digital. Anda bisa mencegahnya dengan menerapkan sistem 20-20-20 dalam kegiatan sehari-hari. Kegiatan ini cukup ringan, Anda hanya perlu memalingkan muka dari layar dan melihat objek lain yang berjarak 20 kaki (6 meter) selama 20 detik. Aktivitas ini dapat membuat mata Anda menjadi lebih rileks.

  • Memasang Humidifier

    Alat ini memiliki banyak manfaat yang bisa Anda nikmati. Selain melembabkan udara, humidifier juga efektif untuk menangkal virus dan debu yang menyebabkan alergi. Namun, jika dirasa tidak perlu humidifier, Anda bisa juga menggunakan obat tetes mata khusus untuk menjaga kelembaban mata di malam hari saat tidur.

  • Hindari Menggunakan softlens Seharian

    Ternyata softlens bisa menjadi penyebab mata gatal lho akibat dari seharian menggunakan softlens yang kotor atau debu yang masuk, mata kering atau karena iritasi. Sebisa mungkin gunakanlah softlens harian, agar tetap aman dan terjaga. Nah, softlens harian dari ACUVUE atau pun SCHON bisa Anda dapatkan di Optik Tunggal store atau pembelian ke rumah melalui Optik Tunggal Mobile Experience. Cukup mudah bukan?

 

Hal yang perlu Anda ingat saat mata gatal yakni jangan menguceknya. Mengapa? Karena mengucek mata akan merangsang tubuh untuk memproduksi histamin lebih banyak sehingga rasa gatal akan semakin parah dan menjadi media virus atau bakteri untuk masuk ke mata melalui tangan yang bersentuhan dengan mata. Jadi hindari ya mulai dari sekarang!

BAGIKAN