Pentingnya Mematikan Lampu Saat Tidur

Di antara kita mungkin ada yang terbiasa tidur dengan keadaan lampu menyala atau mati. Namun, tahukah Anda mana yang lebih baik antara tidur dalam keadaan gelap atau dalam keadaan terang?

 

Menurut pakar kesehatan, tidur dalam kondisi gelap atau lampu mati jauh lebih baik ketimbang tidur dalam kondisi terang.

 

Jika tidur dalam keadaan gelap, Anda akan mendapatkan kualitas tidur yang lebih baik. Selain itu, cahaya menjadi penanda atau jam biologis pada tubuh kita. Mengapa? Karena cahaya yang diterima oleh mata kita bukan hanya untuk membantu melihat saja, tetapi juga sebagai sinyal tubuh yang menunjukkan waktu-waktu tertentu sesuai jam tubuh bekerja. Seperti misal, saat Anda tidur dengan kondisi lampu menyala, otak mungkin tidak akan memproduksi hormon melatonin karena otak akan bingung apakah saat ini menunjukkan waktu malam atau siang.

 

Lalu, bagaimana jika terbiasa tidur dengan kondisi terang? Coba mulai sekarang biasakan untuk tidur dengan lampu mati. Namun jika tetap tidak bisa tidur dalam keadaan gelap total, gunakan lampu dengan cahaya kecil untuk menerangi kamar tidur Anda dan menggunakan penutup mata/kacamata tidur yang bisa membantu Anda untuk mendapatkan tidur yang berkualitas dan nyenyak.

 

Sudah matikan lampu saat tidur? Pastikan juga Anda mematikan cahaya kecil lainnya yang bisa mengganggu Anda tidur atau penyebab Insomnia dalam kamar seperti TV, handphone, laptop atau tablet. Insomnia pun bisa terjadi karena cahaya dapat menurunkan kadar melatonin yang diproduksi tubuh, sehingga membuat rasa kantuk Anda berkurang dan cenderung untuk sulit tidur. Itulah sebabnya Anda disarankan untuk tidur dalam keadaan gelap.

 

Jaga kesehatan Anda mulai sekarang dan biasakan untuk memiliki habitat yang baik untuk organ vital Anda, terutama mata. Jangan lupa untuk periksakan mata Anda setiap enam bulan sekali. Periksakan mata Anda di dokter mata atau konsultasi secara gratis di Optik Tunggal dan ZEISS Vision Center terdekat.

SHARE IT