Mengatasi Mata Kering Akibat Memakai Lensa Kontak

Lensa kontak bisa membantu penglihatan Anda lebih jelas, terlihat simpel serta bisa membuat penampilan lebih menarik tanpa harus menggunakan kacamata. Namun saat menggunakan lensa kontak, ada hal yang perlu Anda ketahui. Nah, apakah Anda termasuk orang yang suka memakai lensa kontak dan merasakan mata kering akibat memakai lensa kontak?

 

Permasalahan mata kering memang sering menjadi masalah yang muncul bagi pemakai lensa kontak. Tidak mengherankan, karena sesungguhnya lensa kontak dapat mengganggu lapisan air mata yang berfungsi untuk melindungi permukaan mata, inilah penyebab mata terasa kering atau berpasir ketika Anda memakai lensa kontak.

 

Untuk memastikan mata Anda terbebas dari mata kering saat memakai lensa kontak, pastikan Anda melakukan hal-hal berikut ini!

 

  1. Bersihkan tangan sebelum menggunakan lensa kontak

    Aturan pertama yang mesti dilakukan adalah membersihkan tangan dengan air mengalir dan sabun sebelum memakai lensa kontak. Hal ini untuk menghindari virus atau bakteri dan kotoran menempel pada lensa kontak lalu tertinggal pada kornea mata.

     

  2. Tetes mata

    Bagi Anda yang memiliki tipe mata kering, tetes mata bisa Anda gunakan sebelum memakai lensa kontak. Karena jika tidak, produksi air mata tidak akan mampu melumasi mata saat menggunakan lensa kontak. Namun untuk menggunakan obat tetes mata, konsultasikan lebih dulu pada dokter mata ya!

     

  3. Tidak memakai lensa kontak dalam waktu lama

    Bagi pemakai lensa kontak, pastikan untuk tidak memakai lebih dari 8 jam dalam sehari. Namun jika terpaksa harus memakai lebih dari 8 jam, lepas segera lensa kontak sementara waktu, untuk memberikan oksigen pada mata lalu gunakan kembali.

     

  4. Beli lensa kontak berkualitas

    Jangan hanya tertarik dengan harga yang murah serta kualitas standar Anda membeli lensa kontak, karena Anda tidak akan tahu dari bahan apa dan informasi kadaluarsa dari lensa kontak tersebut. Pastikan Anda membeli lensa kontak di optik ternama, seperti Optik Tunggal atau ZEISS Vision Center.

 

SHARE IT