Bahaya Rokok pada Kesehatan Mata

Kebiasaan merokok bisa memiliki resiko tinggi pada kesehatan tubuh. Tidak hanya merusak paru-paru atau memicu penyakit kronis seperti kanker, namun juga bisa mengganggu kesehatan mata. Seperti halnya pada asap rokok, terlihat sepele namun ternyata bisa menimbulkan gangguan serius pada mata.

 

Hal ini didukung oleh survey dari Association of Optometrists, yang mengungkapkan bahwa perokok dua kali lebih mungkin kehilangan penglihatan bila dibandingkan dengan mereka yang bukan perokok. Hal ini disebabkan oleh asap rokok mengandung banyak bahan kimia beracun yang dapat menyebabkan dan memperparah kesehatan mata. Kandungan yang ada dalam asap rokok diantaranya yakni terdapat logam berat seperti timah dan tembaga, yang bisa saja terkumpul dalam lensa mata. Akibatnya, lensa mata akan menjadi keruh sehingga bisa mempercepat timbulnya katarak pada mata.

 

Lain halnya jika Anda seorang perokok aktif, yang bisa mengalami masalah degenerasi makula. Yakni, Suatu kondisi yang mempengaruhi penglihatan sentral seseorang dan menyebabkan kehilangan kemampuan untuk melihat detail dengan baik. Meskipun hal ini bisa saja terjadi karena bertambahnya usia, namun dengan kebiasaan merokok dapat mempercepat masalah kesehatan mata tanpa memandang usia.

 

Fakta lain berdasarkan hasil survey tersebut juga menunjukkan bahwa hanya 18% dari total 2006 orang yang disurvey, mengetahui bahwa mata dapat meningkatkan resiko kebutaan atau kehilangan penglihatan. Meskipun tidak mudah, namun berhenti merokok dan menghindari asap rokok sangat disarankan oleh para peneliti. Selain itu, jangan lupa untuk periksakan mata Anda setiap 6 bulan sekali ya!

 

Sumber: Kompas.com & aop.org.uk

SHARE IT