Benarkah Fitur Dark Mode, Baik untuk Mata?

Siapa yang tidak tahu fitur dark mode pada ponsel Anda? Bagi yang belum tahu, sesuai dengan namanya, fitur dark mode pada ponsel menghadirkan tampilan teks putih dengan latar belakang hitam. Light Mode, kebalikan dari dark mode, yakni menampilkan teks hitam dengan latar belakang putih.

 

Fitur ini pun diklaim untuk mengurangi ketegangan pada mata, menyesuaikan layar dengan kondisi cahaya, memberi kenyamanan saat melihat ponsel di malam hari atau lingkungan yang gelap dan menghemat daya baterai. Sehingga bisa mengurangi persoalan yang ada saat memegang ponsel. Selain itu, hampir berbagai merek ponsel dan media sosial lainnya seperti Instagram, WhatsApp juga sudah memiliki fitur dark mode.

 

Jika dipandang dari sisi medis, menurut para pakar kesehatan, adanya fitur dark mode pada ponsel tidak berpengaruh signifikan terhadap kesehatan mata. Hanya saja dengan menggunakan fitur dark mode, melihat layar ponsel bisa menjadi lama dari biasanya atau lebih dari 4 jam.

 

Kendati demikian, ada baiknya Anda menggunakan ponsel atau perangkat elektronik lainnya dengan bijak. Mengapa? Tentunya karena menjaga mata dari sinar layar dan radiasi sangat penting untuk kesehatan mata Anda. Selain itu, biasakan untuk membatasi diri agar tidak melihat layar ponsel atau perangkat lainnya lebih dari 4 jam dalam sehari. Alternatif lainnya, selalu istirahatkan mata setiap 20 menit saat menatap layar ponsel.

 

Mulai sekarang, jaga kesehatan mata dan periksa mata Anda setiap enam bulan sekali ya!

SHARE IT