Mengatasi Cedera Mata Akibat Zat Kimia

Pada saat beraktivitas sering kali mata kita tidak sengaja terkena bahan-bahan kimia seperti sabun, shampo, kosmetik, atau bahkan penyedap makanan ketika sedang memasak. Ketika zat kimia masuk ke dalam mata, maka akan terasa perih dan tak jarang menimbulkan iritasi. Namun Anda harus berhati-hati apabila bahan kimia yang masuk ke dalam mata adalah cairan asam seperti pembersih toilet atau lantai. Apabila cairan asam terkena mata, maka akan mengakibatkan cedera pada kornea dan selaput bening terluar mata. 

Tanda jika Anda terkena cedera mata adalah muncul kemerahan pada sklera (bagian putih pada mata) dan terasa perih saat menggerakan mata. Mata yang terkena percikan bahan kimia bisa menimbulkan dampak tertentu. Namun ketika mata Anda terkena cairan pembersih, dampaknya dapat menyebabkan kerusakan parah pada kornea.

Pertolongan Pertama Cedera Mata

Apa yang harus Anda lakukan apabila mata terkena zat kimia? Segera bilas mata yang terkena oleh bahan kimia dengan air bersih yang mengalir. Air yang mengalir akan membasuh zat kimia keluar dari mata sehingga terhindar cedera kornea lebih serius. Berikut urutan membilas mata yang cedera:

  1. Siapkan air bersuhu hangat seperti suhu ruangan.

  2. Taruh air dalam ember dan siapkan gayung.

  3. Bilas mata satu persatu. Tutup sebelah mata Anda saat proses membilas.

  4. Alirkan air yang sudah ditampung menggunakan gayung ke mata secara perlahan.

  5. Lakukan pembilasan selama 20 menit.

Selesai melakukan pembilasan, bersihkan partikel yang tertinggal dalam mata. Anda dapat menggunakan yang dibasahkan saat melakukan pembersihan. Setelah selesai melakukan pembersihan, sebaiknya segera hubungi dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut. 

Pencegahan Terkena Cedera Mata 

Jika ingin melakukan kegiatan yang melibatkan bahan kimia, sebaiknya Anda pahami terlebih dahulu jenis bahan kimianya. Baca petunjuk pemakaian dan peringatan keamanan dengan baik. Selalu sediakan kacamata pengaman dan pelindung wajah saat Anda memulai aktivitas dengan bahan kimia. Ada baiknya jika alat pengaman diganti secara berkala. 

Browsing alternatif pembersih lainnya untuk mengurangi risiko terkena cairan bahan kimia. Contohnya seperti baking soda, perasan air lemon, atau larutan garam untuk membersihkan toilet dan lantai rumah Anda. Selain mata terhindar dari bahan kimia, Anda ikut menjaga kelestarian lingkungan. 

BAGIKAN