Tips Menjaga Kesehatan Mata di Era Daring

Pandemi COVID-19 membuat hampir semua kalangan masyarakat harus menatap layar smartphone atau laptop lebih lama untuk bekerja setiap harinya. Semakin panjang durasi Anda bekerja di depan layar, semakin besar peluang kerusakan pada mata. Menatap layar terlalu lama dapat menyebabkan mata menjadi cepat lelah, kering, bahkan parahnya dapat menimbulkan kelainan mata lainnya. Lalu, bagaimana cara menjaga kesehatan mata di era daring? Simak beberapa tips berikut!

Atur Jarak Mata Saat Menatap Layar

Salah satu penyebab mata lelah adalah durasi menatap layar dalam jarak dekat yang cukup lama. Jika melihat layar dalam jarak dekat, mata akan lebih berkontraksi. Mata akan lebih cepat lelah karena proses penerimaan bayangan yang jelas dari objek yang dilihat. Agar mata tidak cepat lelah, ada baiknya mengatur jarak saat menatap layar. Jarak yang direkomendasikan saat menatap layar adalah 30-40 cm atau setara dengan panjang lengan tangan Anda. 

Posisi duduk saat menatap layar juga berpengaruh pada kerja mata. Ketika bekerja atur posisi duduk agar tidak membungkuk. Posisi layar harus berhadapan lurus dengan mata. Hal ini dapat membantu otot mata lebih rileks saat bekerja.

Perhitungkan Ukuran Layar Gawai 

Jika Anda lebih senang bekerja dengan layar smartphone, sebaiknya segera beralih ke laptop atau gawai dengan layar yang lebih lebar seperti iPad atau tablet lainnya. Menatap layar yang berukuran kecil akan menyebabkan mata lebih cenderung berkontraksi dan dapat menimbulkan astenopia atau kelelahan pada mata. 

Ketahui Trik Aturan Dua Puluh

Para ahli memiliki saran relaksasi mata bernama “Aturan Dua Puluh”. Arti dari aturan dua puluh yaitu, setiap menatap layar selama dua puluh menit, lakukan istirahat selama dua puluh detik dengan melihat sejauh dua puluh kaki. Ketika melihat jarak jauh dengan jarak dua puluh kaki atau sekitar enam meter, otot-otot mata akan berelaksasi. Mungkin Anda bisa menggunakan trik ini ketika mata Anda mulai sakit menatap layar. 

Mengatur Cahaya Gawai

Semua jenis gawai memiliki bluelight yang menyebabkan mata lebih cepat lelah karena bluelight memiliki panjang gelombang yang lebih pendek. Maka atur gawai Anda dengan mode malam. Hal ini dapat menambah kenyamanan mata saat Anda harus bekerja menatap layar dalam jangka waktu yang lama. Jika gawai Anda tidak memiliki mode malam, atur cahayanya tidak terlalu terang dan tidak terlalu gelap, sesuaikan dengan kenyamanan mata Anda. 

Melakukan Green Time

Luangkan waktu untuk menikmati pemandangan hijau setelah menatap layar dalam jangka waktu yang lama. Jika Anda sudah selesai bekerja, ada baiknya pergi ke tempat yang hijau untuk mengamati pepohonan, rerumputan sambil meregangkan badan. Selain membuat rileks pada mata, tubuh Anda akan jauh lebih ringan dan nyaman saat tidur di malam hari.

Mengonsumsi Suplemen Mata

Kebutuhan nutrisi setiap mata memang berbeda, maka mengonsumsi suplemen memang tidak diwajibkan. Namun, tidak ada salahnya melakukan konsultasi ke dokter untuk memastikan nutrisi mata kita sudah tercukupi. Sepanjang nutrisi pada mata tercukupi, maka mengonsumsi suplemen tidak diperlukan lagi. 

 
BAGIKAN