Makanan dan Minuman yang Bisa Merusak Kesehatan Mata

Seberapa penting menjaga kesehatan mata bagi Anda? Mata merupakan salah satu organ yang berperan penting dalam aktivitas sehari-hari. Menjaga kesehatan mata merupakan salah satu upaya untuk mempertahankan kenyamanan dan keefektifan dalam beraktivitas. Terlebih, Kesehatan mata berhubungan dekat dengan kesehatan jantung dan pembuluh darah. 

Beberapa makanan dan minuman bisa saja mengganggu kesehatan mata. Oleh karena itu sebaiknya kita perlu memilah makanan dan minuman yang masuk ke dalam tubuh. Berikut makanan dan minuman yang dapat merusak kesehatan mata:

1. Daging Olahan

Batasi konsumsi daging olahan seperti hot dog, bacon, dan daging beryodium tinggi. Makanan yang mengandung garam tinggi ini pada dapat menyebabkan tekanan darah tinggi. Hipertensi dapat memengaruhi kesehatan mata dan menyebabkan beberapa kondisi yang dapat merusak mata.

Beberapa penyakit yang disebabkan oleh hipertensi adalah retinopati, koroidopati dan neuropati. Retinopati merupakan kerusakan pembuluh darah yang menyebabkan penglihatan kabur atau kehilangan penglihatan. Koroidopati yaitu penumpukan cairan di bawah retina. Sedangkan neuropati, yakni penyumbatan aliran darah yang membunuh saraf dan menyebabkan kehilangan penglihatan.

2. Alkohol 

Para ahli memperingatkan racun (toksin) dalam alkohol mudah merusak saraf penglihatan. Jika pria atau wanita meminum alkohol melebihi 14 botol dalam seminggu, hal tersebut dapat menyebabkan gangguan penglihatan permanen. Alkohol bisa memicu degenerasi makula terkait usia. Kelebihan alkohol juga bisa mengganggu fungsi hati dan mengurangi produksi glutathione yang mencegah kerusakan sel tertentu. Jika tubuh kekurangan glutathione dapat menyebabkan katarak.

3. Roti dan Pasta

Para peneliti menemukan roti dan pasta memiliki risiko lebih tinggi membuat mata rusak dibandingkan dengan Degenerasi Makula terkait Usia (AMD) atau kelainan penglihatan pada orang tua. Hal ini disebabkan karena tubuh mencerna karbohidrat dalam roti dan pasta dengan cepat sehingga menyebabkan lonjakan gula darah. Maka dari itu para ahli kesehatan menyarankan agar mengganti roti putih dan pasta dengan versi gandum utuh.

4. Gorengan

Gorengan yang dimasak dengan lemak trans meningkatkan kadar kolesterol jahat dan dapat menyebabkan penyakit jantung, stroke, dan diabetes tipe 2. Mereka juga membuat molekul yang disebut radikal bebas yang dapat merusak dan membunuh sel. Hal ini dapat mempercepat AMD dan meningkatkan risiko retinopati diabetik. Lawan radikal bebas dengan mengonsumsi buah dan sayuran yang kaya vitamin C, seperti buah jeruk, tomat, dan paprika merah.

5. Kafein

Minuman berkafein seperti kopi dapat meningkatkan tekanan intraokular (IOP) dalam mata. Studi menunjukkan tekanan ini akan naik pada orang dengan glaukoma atau hipertensi okular (OHT). Hal ini dapat menyebabkan kehilangan penglihatan dan kebutaan. 

BAGIKAN