Ini Cara Aman Agar Kacamata Terhindar dari Partikel Virus Covid-19!

Selain masker, kacamata juga bisa membantu melindungi wajah dan mata pemakainya dari virus saat orang lain sedang flu dan batuk. Namun, bukan berarti hanya dengan memakai kacamata Anda bisa terbebas dari virus, lho. Karena faktanya, virus Covid-19 bisa menempel dan bertahan pada permukaan kacamata selama empat hari bila tidak dibersihkan. Terlebih jika tangan seringkali menyentuh kacamata lalu beralih memegang lainnya.

 

Selain memakai masker dan mencuci tangan dengan sabun agar terhindar dari virus yang menempel pada kacamata dan tidak menyebar ke tempat lain, yuk simak tips lainnya dari Optik Tunggal mengenai bagaimana merawat dan membersihkan kacamata.

 

1. Bersihkan kacamata setelah berada di tempat umum

Baik itu dari kantor, mal atau tempat ramai lainnya, membersihkan kacamata setelah berpergian merupakan hal yang wajib dilakukan agar partikel virus tidak terlalu lama menempel di permukaan kacamata. Untuk lebih ringkas, Anda bisa menggunakan pembersih kacamata dari ZEISS Wipe Lenses yang bisa Anda dapatkan di Optik Tunggal dan ZEISS Vision Center terdekat.

 

2. Perhatikan cara membersihkan kacamata

Jika tidak memiliki cairan khusus pembersih kacamata, Anda bisa menggunakan air yang mengalir dan sabun. Pastikan untuk membersihkan lensa kacamata terlebih dahulu dengan air agar partikel virus Covid-19 yang menempel pada lensa menghilang. Kemudian bersihkan pada bagian bingkai kacamata, lalu bantalan hidung dan terakhir, bersihkan gagang kacamata secara meyeluruh. Anda juga bisa menggunakan 1-2 tetes sabun pencuci piring atau hand-soap pada lensa dan gosok perlahan dengan kain berbahan microfiber.

 

3. Hindari Hal Ini Agar Kacamata Tetap Terawat

Membersihkan kacamata dengan nafas pada lensa masih banyak dilakukan orang. Padahal, nafas kita bisa menjadi media penyebaran virus yang bisa berakibat terinfeksi nantinya. Maksud hati ingin bersih, ternyata semakin menambah virus di permukaan lensa. Hal yang perlu Anda hindari lainnya yakni membersihkan kacamata dengan cairan alkohol. Mungkin kandungan alkohol pada hand sanitizer ampuh untuk membunuh kuman atau virus, namun tidak dengan permukaan lensa kacamata. Membersihkan kacamata dengan kandungan alkohol bisa merusak lapisan lensa kacamata.

 

Mulai sekarang, biasakan untuk selalu membersihkan kacamata setiap habis berpergian atau selalu sediakan ZEISS Wipe Lenses dan cairan pembersih kacamaca lainnya di dalam tas.

BAGIKAN