Ini 3 Jenis Zat Gizi yang Baik dalam Menjaga Kesehatan Mata

Mata merupakan organ tubuh yang paling penting dan perlu dijaga kesehatannya. Menjaga kesehatan mata pun tidak hanya dari luar, namun juga dari dalam tubuh. Salah satunya dengan mengonsumsi makanan yang mengandung zat gizi yang baik untuk mata. Setidaknya, ada tiga jenis zat gizi yang bisa Anda konsumsi setiap hari atau yang bisa Anda mulai konsumsi dengan rutin. Apa saja tiga kandungan zat gizi tersebut?

 

1. Lutein dan Zeaxanthin

Kandungan zat gizi lutein dan zeaxanthin bisa didapatkan dari sayuran hijau. Sayuran hijau yang dimaksud bisa seperti bayam hijau, kale, collard, selada berdaun hijau gelap seperti selada romaine, serta brokoli yang merupakan sumber lutein dan zeaxanthin yang baik. Kandungan zat ini juga memiliki fungsi untuk melindungi mata dari sinar berenergi tinggi yang dapat membahayakan mata, salah satunya adalah sinar UV yang berasal dari sinar matahari. Jadi, tidak hanya memakai sunglass atau mengenakan lensa UV Protection saja, namun Anda juga perlu mengonsumsi makanan yang mengandung lutein dan zeaxanthin.

 

2. Beta Karoten

Kandungan zat gizi beta karoten biasanya terdapat di makanan yang berwarna oranye dan kuning. Pernah mendengar anjuran untuk mengonsumsi wortel? Ya, itu salah satunya. Namun selain wortel, beta karoten juga terdapat di labu kuning dan ubi berwarna kuning atau yang cenderung oranye. Pastikan kebutuhan Anda untuk mengonsumsi beta karoten terpenuhi ya!

 

3. Asam Lemak Omega 3

Menurut penelitian, kandungan zat gizi dari asam lemak omega 3 turut membantu meningkatkan kesehatan mata. Asam lemak omega 3 sendiri mengandung DHA, EPA dan ALA yang baik untuk dikonsumsi oleh ibu hamil sehingga berdampak positif pada janin dan juga baik dikonsumsi oleh orang dewasa, karena bisa melindungi mata dari berbagai penyakit, seperti menurunnya fungsi otot mata dan sindrom mata kering. Ikan (salmon, tuna dan lainnya), kacang-kacangan dan minyak zaitun merupakan jenis makanan yang kaya akan kandungan asam lemak omega 3. Anda tidak perlu makan setiap hari untuk mendapatkan asupan asam lemak omega 3, cukup seminggu sekali atau dua kali namun secara rutin ditambah dengan asupan gizi lainnya.

BAGIKAN