Agar Kacamata Tidak Berembun saat Menggunakan Masker

Merebaknya wabah virus Covid-19 di berbagai belahan dunia membuat pemerintah mengeluarkan kebijakan untuk menggunakan masker saat ini. Termasuk pemerintah Indonesia yang mengharuskan masyarakat untuk menggunakan masker jika terpaksa harus keluar rumah.

 

Pernahkah Anda merasakan kacamata berembun saat memakai masker? Ya, bagi sebagian orang yang memakai kacamata, penggunaan masker dapat menyebabkan kacamata berembun. Lalu apa penyebab kacamata berembun?

 

Pada dasarnya, embun yang tercipta di lensa kacamata disebabkan oleh udara yang dihembuskan ke luar masker berhenti, dan tertahan oleh kacamata yang Anda gunakan. Udara yang tertahan di lensa kacamata inilah yang akan menimbulkan misting. Terbentuknya misting sendiri karena tetesan air kecil dari kumpulan udara mengendap di lensa kacamata. Siasati agar lensa kacamata tidak berembun dengan cara berikut ini:

 

1. Mencuci lensa kacamata Anda dengan cairan atau bahan kimia anti-kabut

Cuci kacamata Anda dengan cairan khusus lensa kacamata atau bahan kimia anti-kabut. Anda bisa membeli lensa cleaner di Optik Tunggal melalui Optik Tunggal Mobile Experience. Jika sudah di cuci, lap lensa secara perlahan hingga seluruh lensa bersih. Setelah itu, biarkan kacamata mengering dan pakai masker.
 

2. Lipat pada bagian atas masker Anda

Jika tidak punya lens cleaner, cara lainnya yakni melipat pada bagian atas masker. Hal ini perlu dilakukan apabila Anda menggunakan masker dari kain yang tidak memiliki pengait atau pengencang di bagian hidung, atau bisa jadi akibat masker yang longgar sehingga udara yang keluar dari bagian atas masker memberikan efek embun pada lensa kacamata.

 

3. Gunakan tisu wajah di bagian dalam masker

Kegunaan tisu di sini adalah untuk menangkal udara yang berjalan atau menguap ke atas sehingga bisa tertahan dan terserap oleh tisu. Caranya cukup dengan melipat tisu menjadi persegi panjang sesuai ukuran masker yang digunakan. Lipatlah hingga tebal dan berlapis, lalu masukkan lipatan tisu ke bagian dalam masker dan diletakkan pada bagian atas jembatan hidung Anda. Di bagian inilah tisu dapat membantu menyerap kelembapan udara yang berasal dari napas Anda, sehingga menghalangi proses kondensasi yang membuat lensa kacamata berembun.

 

Selalu gunakan masker jika terpaksa harus keluar rumah dan jaga jarak dengan orang-orang di sekitar. Utamakan kepedulian dan kesehatan Anda dan orang-orang di sekitar dengan tetap #DiRumahAja. Stay safe dan stay healthy!

SHARE IT