Tidak Hanya Tubuh, Mata Juga Butuh Olahraga

Coba diingat-ingat lagi, kapan terakhir Anda berolahraga di tengah pandemi Covid-19 saat ini? Kesehatan tubuh memang hal yang paling krusial, tentu berolahraga dengan teratur bisa menjadi salah satu faktor meningkatkan kesehatan tubuh.

Namun, tahukah Anda bahwa mata juga butuh olahraga? Apalagi jika Anda termasuk orang yang aktif dalam menggunakan gadget, buku maupun pekerjaan di depan komputer. Simak cara berikut ini agar olahraga mata bisa dilakukan setiap hari.

  1. Coba ubah fokus mata dari jarak dekat ke jarak jauh. Gerakan olahraga mata ini cukup mudah, letakkan ibu jari Anda dengan jarak kurang lebih 25 cm di depan mata lalu fokuskan mata pada ibu jari selama kurang lebih 15 detik. Kemudian, alihkan mata ke objek lain dengan jarak sekitar 25 – 50 cm dan fokuslah kepada objek yang tertuju selama kurang lebih 15 detik. Lakukan dua hal tersebut secara bergantian, sebanyak lima kali.

  2. Di sela-sela aktivitas Anda, letakkan ujung pulpen di depan hidung dan fokus melihatnya. Lalu, gerakan pulpen ke kiri dan kanan wajah Anda. Tetap fokuskan mata pada pulpen tanpa menolehkan wajah ke mana pun. Lakukan sebanyak tiga kali

  3. Buat gerakan mata sesuai pola angka 8. Hal ini bisa di coba dengan duduk dan menatap lurus ke lantai. Tentukan satu titik pada lantai yang menjadi fokus Anda, lalu gerakan mata dengan pola angka 8 selama 30 detik.

Cukup mudah, bukan? Luangkanlah waktu Anda setiap hari untuk olahraga mata agar mata terasa lebih nyaman, mengatasi mata lelah dan membuat penglihatan lebih fokus.

BAGIKAN