5 Hal Penting untuk Jaga Kesehatan Mata Anak

Pada masa pertumbuhan anak penglihatan yang baik sangat dibutuhkan untuk proses tumbuh kembang. Seperti saat belajar mengenal hewan, membaca dan momen emas lainnya. Karena itu orang tua berperan penting dalam menjaga kesehatan mata anak, berikut 5 cara menjaga kesehatan mata anak:

1. Berikan Asupan Gizi yang Baik untuk Mata

Ada banyak kandungan gizi dengan manfaat baik untuk mata, seperti makanan yang mengandung zat antioksidan, vitamin C, vitamin E, zinc dan omega 3. Jenis kandungan tersebut bisa Anda temukan di wortel, tomat, stroberi, ikan salmon dan tuna.

2. Atur dan Batasi Memainkan Gadget

Tidak ada salahnya mengenalkan gadget pada anak selama Anda bisa mengatur waktu yang tepat. Jadi, buat aturan dengan si kecil ya, kapan berhenti memainkan gadget dan jangan lupa untuk selalu mengatur jarak pandangnya.

3. Awasi dan Ingatkan Si Kecil untuk Tidak Melakukan Aktifitas yang Bisa Merusak Mata

Terkadang tingkah laku anak tidak bisa ditebak saat bermain sendiri maupun bersama teman. Maka dari itu pengawasan orangtua saat anak bermain sangat diperlukan, seperti mengingatkan apabila nonton TV terlalu dekat, mengucek mata terlalu sering dan hal lainnya yang bisa Anda awasi.

4. Ajak Anak Bermain di Luar

Mengajak anak Anda bermain di luar jauh lebih baik daripada membiarkan anak Anda bermain gadget sendiri. Seperti mengajak anak Anda ke taman, atau ke tempat wisata. Cara ini bisa membantu para orangtua agar anak terhindar dari miopia karena mata lelah akibat terlalu sering bermain gadget.

5. Periksa Mata Secara Rutin

 Pada dasarnya anak-anak jarang sekali menunjukan keluhan pada mata, sebab itu sebagai orangtua wajib untuk memeriksakan mata anak untuk mendeteksi masalah pada mata.

Yuk Bunda, periksa mata anak setiap 6 bulan sekali di Optik Tunggal Next Generation atau ZEISS Vision Center terdekat Anda.

BAGIKAN