5 Tips Penggunaan Softlens Yang Perlu Diketahui

Stikma membantu penglihatan dengan menggunkan softlens sebaiknya tidak dirusak dengan cara penggunaan yang salah. Karena hal ini justru berdampak sebaliknya bagi kesehatan mata. Selama ini softlens sering dimanfaatkan sebagai alat bantu penglihatan pengganti kacamata, selain praktis, pilihan bentuk dan warna juga kerap membuat lensa kontak berperan dalam meningkatkan kebutuhan kecantikan.

Sayangnya popularitas dan peningkatan kebutuhan akan softlens membuat alat ini sering diimbangi dengan ketidaktahuan yang tinggi para pemakai. Dampaknya, tak hanya iritasi permasalahan kebutaan sering datang dari kebiasaan ini. Untuk menghindari hal-hal yang tak diinginkan, berikut adalah 5 tips penggunaan softlens yang perlu diketahui :

1. Sesuaikan dengan kondisi mata

Seperti kacamata, produk yang kurang tepat akan membuat pemakaian softlens menjadi kurang nyaman. Untuk itu, sebelum menggunakan dan berniat ingin membeli, sebaiknya Anda berkonsultasi dengan ahli terkait kondisi mata Anda.Terlebih jika Anda memiliki riwayat mata yang tergolong sensitif untuk menggunakan softlens.

2. Senantiasa jaga kebersihan

Standar kebersihan terutama bagian tangan, wajib dilakukan. Karena pemasangan softlens sering membuat tangan dan mata saling bersentuhan. Terutama pada saat melepas dan memasangnya. Untuk produk, sediakan air khusus dan rendam softlens. Cara ini dapat dilakukan untuk menjaga kebersihan lensa kontak, sebelum akhirnya akan dipergunakan kembali.

3. Waktu Pemakaian

Karena kontak langsung dengan mata, sebaiknya Anda batasi penggunaan softlens. Atau setidaknya kurang dari 8 jam. Selebihnya terlalu lama menggunakan alat ini akan mengganggu kesehatan. Pada sat berenang softlens yang digunakan terlalu lama dapat menyebabkan gangguan mata dengan peningkatan parasit dan virus yang berbahaya untuk mata.

4. Perlengkapan wajib softlans

Dalam proses pemakaiannya, softlans sering membutuhkan perawatan lain. Seperti obat tetes mata, cairan, dan tempat softlens. Jadi saat kamu merasa tidak nyaman, kamu bisa melepas dan menyimpannya di tempat yang bersih.

5. Hindari tempat berdebu yang berlebihan

Secara tidak disadari debu sering menempel di softlens. Hal tersebut yang jika kurang diperhatikan dapat berdampak buruk pada kualitas kesehatan mata. Untuk itu, segera bersihkan softlens setelah terkena debu.


Itulah lima tips penggunaan soflens yang perlu diketahui. Dengan memahami hal-hal penting tersebut, menggunakan softlens menjadi lebih aman dan bebas masalah pada mata.

Jika Anda menginginkan softlens berkualitas dan nyaman ketika di pakai, Schon adalah merek yang tepat. Schon menyediakan pilihan softlens untuk keperluan sehari – hari atau bulanan, dengan variasi warna yang dapat membuat penampilan kamu lebih memukau. Dapatkan softlens Schon lebih mudah di semua cabang Optik Tunggal di seluruh Indonesia.

SHARE IT