Tahun Baru, Kacamata Baru. Pilih Kacamata yang Nyaman Untuk Si Buah Hati!

Di tahun yang baru ini tentu para orangtua sudah menyiapkan segala hal bagi kepentingan anak, baik untuk aktifitas sehari-harinya di sekolah maupun di rumah. Termasuk penglihatan sang anak yang krusial, mengingat kesulitan melihat dapat memengaruhi daya tangkap anak terhadap pelajaran yang diberikan di sekolah. Tak ada salahnya mengajak anak memeriksakan kondisi kesehatan matanya. Jika perlu, mengganti bingkai kacamata yang lama dengan yang baru agar lebih nyaman dikenakan.

Yuk, simak 5 tips untuk memilih kacamata yang nyaman untuk anak Anda.

Optik Tunggal Next Generations - Store

1. Pilih bingkai sesuai bentuk dan ukuran wajah anak

Untuk anak berwajah bulat dengan pipi tembem, akan cocok memakai bingkai kacamata berbentuk persegi. Sementara, bingkai bentuk bulat akan menyeimbangkan bentuk wajah anak yang lonjong. Jangan lupa untuk sesuaikan ukuran bingkai lensa dengan ukuran wajah anak. Bingkai oversized mungkin tampak keren pada orang dewasa, tetapi tidak pada anak-anak, karena bentuk bingkai besar akan terlihat kebesaran dan berat jika dipakai.

 

2. Carilah bingkai yang fleksibel

Meskipun bingkai kacamata untuk anak banyak tersedia dalam berbahan dasar plastik dengan warna-warni cerah dan bentuk yang imut. Tetapi, bahan plastik cukup sulit untuk disesuaikan dengan ukuran personal anak. Nah selain mencoba menemukan bingkai kacamata plastik yang tepat, tak ada salahnya memilih dari bahan logam. Carilah bingkai kacamata logam dengan engsel titanium dan pegas yang fleksibel, yang tidak mudah bengkok atau pun patah.

 

3. Fokus pada bagian hidung

Untuk bagian hidung anak saat memakai kacamata, sebisa mungkin hindari bantalan hidung yang biasanya tersemat di antara lensa. Nose pad yang ketat memang akan menjaga agar kacamata tidak mudah melorot saat dikenakan. Tetapi, juga bisa menyakitkan. Seperti munculnya bekas yang ada di hidung saat anak melepas kacamata, lalu ketika jarak nose pad dengan hidung terlalu lebar, kacamata akan mudah melorot.

 

4. Perhatikan kenyamanan bagian telinga

Jika Anda membutuhkan kacamata bayi dan anak balita, pertimbangkan menggunakan tali karet lembut yang dapat dikenakan di bagian belakang kepala. Untuk anak yang lebih besar, pilih bingkai kacamata dengan bagian sekitar telinga yang dilapisi silikon untuk mencegah iritasi akibat gesekan atau pun keringat pada saat beraktifitas.

 

5.Memilih lensa yang aman dan nyaman

Jika frame sudah dipilih, tentu saatnya memilih lensa yang nyaman dan bermanfaat untuk anak. Tahukah Anda, bahwa lensa pun ada yang dikhususkan untuk anak-anak yang berada di umur 6 – 12 tahun. Salah satunya dengan memilih lensa myopia management lens dari ZEISS yang membantu menghambat pertumbuhan minus mata anak Anda. Pastikan juga untuk melengkapi lensa dengan lapisan anti radiasi untuk mengurangi efek buruk paparan radiasi terhadap mata.

SHARE IT