Sulit Membujuk Anak untuk Pakai Kacamata? Coba Tips Ini!

Di usia emas-nya, tentu penglihatan merupakan hal yang penting saat masa tumbuh kembang dan belajar anak. Memakaikan kacamata pada anak yang memilki kelainan refraksi menjadi jalan terbaik agar anak tetap bisa melihat dengan jelas dan benar. Butuh penyesuaian cukup lama memang untuk anak Anda yang baru pertama kali memakai kacamata. Apalagi jika anak menolak untuk memakai kacamata, pasti butuh perhatian lebih ekstra dan mencari cara agar anak mau memakai kacamata.

 

Di sinilah peran Anda sebagai orangtua dibutuhkan untuk bisa membujuk anak agar mau pakai kacamata. Simak tips di bawah ini ya, agar bisa membantu Anda!

 

1. Ajak Anak Anda Ikut Membeli Kacamata

Libatkan anak dalam setiap prosesnya, termasuk dalam membeli kacamata. Biarkan ia memilih frame dan warna kesukaannya. Hal itu bisa membantu anak turut bertanggung jawab atas barang yang ia punya dan berkomitmen untuk memakainya

 

2. Bangun Kepercayaan Anak dengan Bersikap Positif

Mungkin tidak mudah bagi anak saat pertama kalinya memakai kacamata,. Takut terlihat cupu dan diejek teman-temannya bisa menjadi penyebab anak menjadi tidak mau memakai kacamata. Anda bisa membangun kepercayaaan anak dengan bersikap positif dan mengeluarkan kalimat positif, seperti mengatakan bahwa memakai kacamata bisa membantu penglihatan lebih jelas & menjadi ganteng atau cantik seperti artis terkenal atau tokoh fiksi yang memakai kacamata.

 

3. Melakukan Kegiatan yang Berhubungan dengan Kacamatanya

Anak masih tidak mau memakai kacamata? Cobalah untuk mengajak anak bermain game, menggambar atau menonton film yang membutuhkan penglihatan yang jelas. Hal ini bisa membantu Anda untuk menunjukkan pentingnya menggunakan kacamata saat beraktivitas.

 

4. Beri Pujian dan Hadiah Kecil

Beri pujian dan ucapan terima kasih pada anak ketika sudah mulai berhasil memakai kacamatanya seharian tanpa disuruh atau diingatkan. Sebagai bentuk apresiasi, Anda bisa memberikan hadiah kecil berupa coklat, buku baru, fim baru atau lainnya. Hal ini bisa memotivasi anak untuk tetap semangat memakai kacamata dan merasa berharga di mata Anda.

BAGIKAN