Ketahui Penyebab Mata Minus dan Hadapi dengan ZEISS Myopia Management

Anak-anak berumur 6-12 tahun memiliki risiko tinggi terkena miopia atau gangguan refraksi mata minus. Berdasarkan laporan American Academy of Pediatrics Section on Ophthalmology, anak-anak dan remaja lebih mungkin mengembangkan risiko miopia daripada orangtua mereka. Terlebih di era digital saat ini, segala aktivitas sang buah hati tidak akan lepas dari layar gadgetnya. 

Mata minus dapat mengurangi kualitas hidup anak. Anak-anak akan selalu menemukan hal baru di hidupnya. Bayangkan apabila anak memiliki gangguan refraksi mata dan tidak ditangani secepatnya, maka banyak informasi dan pengalaman yang mereka lewatkan. Hal tersebut juga akan memengaruhi tumbuh kembang memorinya sebab indra penglihatan itu terkoneksi dengan memori atau ingatan. Kalau tidak segera menggunakan kacamata, maka apa yang dia lihat (blur) itu yang akan diingat.

Ternyata ada sejumlah faktor risiko yang menyebabkan miopia itu terjadi. Miopia dapat disebabkan oleh faktor genetik, kekurangan nutrisi tertentu hingga kebiasaan yang dilakukan anak-anak. Mari kita bahas penyebab mata minus satu persatu.

  1. Faktor Genetik

Apabila Anda atau anggota keluarga Anda memiliki riwayat mata minus tinggi, kemungkinan sang buah hati juga memiliki risiko yang dapat mempercepat akselerasi atau penambahan mata minus yang dialaminya. Maka dari itu, penting sekali periksa mata minimal satu tahun sekali untuk mengetahui perkembangan mata anak. 

  1. Kebiasaan Bermain Gadget

Era digital membuat tren baru di kalangan anak-anak. Perkembangan teknologi saat ini turut memengaruhi penggunaan gadget pada anak. Pengawasan orang tua sangat diperlukan. Jangan sampai anak menatap layar gadgetnya terlalu dekat dan juga terlalu lama. Waktu ideal bermain gadget sangat bergantung pada usia anak. Anak berumur 6-12 tahun disarankan maksimal 2 jam per hari, sedangkan anak pada usia remaja maksimal 5 jam sehari. 

  1. Kekurangan Vitamin D

Selama ini pastinya orang tua sudah tahu bahwa kekurangan vitamin A dapat memperburuk kualitas indra penglihatan. Namun menurut sejumlah fakta penelitian, justru kekurangan vitamin D sangat berdampak signifikan pada kualitas penglihatan khususnya dalam menyebabkan mata minus. Maka dari itu izinkan anak beraktivitas di luar ruangan, agar kebutuhan vitamin D tercukupi.

Setelah mengetahui penyebabnya, bagaimana jika sang anak sudah diketahui mengalami gangguan refraksi mata? Anda dapat menghadapi mata minus pada anak dengan menggunakan ZEISS Myopia Management Lenses. Lensa ini dirancang khusus untuk anatomi mata anak yang sudah memerlukan kacamata di usia 6-12 tahun. Tidak hanya memberikan penglihatan yang optimal, melainkan membantu menghambat risiko peningkatan mata minus pada anak. 

Lensa ZEISS Myopia Management memiliki kejernihan yang tajam berbeda dengan lensa standar lainnya. Setiap detail penglihatan sangat penting untuk mata terutama mata anak-anak. ZEISS Myopia Management Lenses dapat menghambat risiko penambahan minus pada mata anak. Menggunakan lensa ini, anak dapat melihat objek di sekitar dengan optimal dan semakin besar potensi meraih prestasi cemerlang di sekolah.

Aktivitas anak-anak berumur 6-12 tahun pastinya lebih banyak aktif bergerak. Maka dari itu anak Anda juga memerlukan lensa yang tahan terhadap goresan. Lensa ZEISS Myopia Management  juga dilengkapi oleh lapisan Duravision yang membuat lensa kacamata anak Anda tahan terhadap goresan.  

Tidak perlu lagi khawatir apabila anak beraktivitas di bawah sinar matahari. Menggunakan ZEISS Myopia Management, mata sang anak akan terlindungi dari radiasi sinar UV. Lensa ini memiliki perlindungan efektif terhadap radiasi UV yang berbahaya. Dengan cara ini anak Anda dapat bermain sepuasnya di bawah sinar matahari tanpa merusak mata mereka.

Semua orang tua ingin memberikan dukungan terbaik untuk anaknya. ZEISS Myopia Management merupakan lensa kacamata terbaik yang khusus dibuat untuk anak. Kini setiap pembelian lensa ZEISS Myopia Management mendapatkan garansi all risk selama 1 tahun. Apabila lensa ZEISS Myopia Management yang telah dipakai buah hati Anda mengalami perubahan ukuran minus atau bahkan kondisi lensa rusak secara fisik, Optik Tunggal akan mengganti dengan lensa baru secara gratis. Garansi all risk ini dapat Anda klaim 1 kali dalam jangka waktu satu tahun. Untuk informasi lebih lanjut, segera konsultasikan kebutuhan mata anak langsung di Optik Tunggal, Optik Tunggal Next Generations, ZEISS Vision Center, atau hubungi customer service kami di 0811-1320-3000. 

BAGIKAN