Ketahui Manfaat Membacakan Buku Cerita untuk Anak!

Membaca buku cerita bersama anak merupakan aktivitas yang menyenangkan sekaligus bermanfaat dalam memberikan informasi yang baik untuk anak tersayang. Pertanyaannya, pernahkah Anda membacakan buku cerita untuk anak? Jika pernah, seberapa sering Anda membacakan buku untuk anak?

 

Saat anak sudah bisa membaca, terkadang orangtua cenderung membiarkan sang anak membaca buku cerita sendiri. Padahal jika anak sudah bisa membaca sendiri, bukan berarti Anda juga harus berhenti membacakan buku cerita untuk anak. Ada banyak manfaat yang didapat saat membacakan buku cerita ke anak, seperti:

 

  • Menambah kosakata dan bahasa anak

  • Mengembangkan keterampilan mendengar, mengeja dan keterampilan keaksaraan pada anak

  • Mendorong anak untuk rajin membaca

  • Memberi pengaruh pada kepercayaan diri anak ketika akan tampil di depan umum untuk membaca

 

Untuk itu, bagi para orang tua jangan berhenti membaca cerita bersama anak meski mereka sudah bisa membaca sekalipun. Banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan dan sangat disayangkan untuk dilewatkan. Apalagi membaca buku cerita bisa menjadikan momen quality time bersama anak.

 

Selain itu, Anda perlu menciptakan suasana membaca yang menyenangkan bagi anak agar tertarik untuk terus membaca. Bisa dimulai dari tema buku cerita yang menarik, suasana dan tempat yang mendukung serta penglihatan mata anak yang jelas. Berdasarkan penelitian oleh ZEISS Vision Care, 80% pembelajaran anak berasal dari mata lho, termasuk kegiatan membaca buku cerita bersama anak.

 

Meskipun anak memakai kacamata atau tidak, melakukan pemeriksaan mata setiap enam bulan sekali dianjurkan oleh dokter mata, apalagi ditengah aktivitas anak yang terbatas saat pandemi ini. Periksakan mata anak Anda di dokter mata atau Optik Tunggal Next Generation terdekat. Gratis!

 

Baca juga: Anak Sulit Fokus Saat Sekolah Online di Rumah? Ini Tips Untuk Anda!

BAGIKAN