Merasakan Tanda-Tanda Seperti Ini? Saatnya Ganti Kacamata!

Kenyamanan dalam melihat merupakan hal yang penting untuk diperhatikan agar bisa mendukung apapun aktivitas Anda sehari-hari. Lalu, pernahkah Anda merasa tidak nyaman saat melihat? Baik itu melihat papan pengumuman, melihat layar digital, membaca buku atau melihat lainnya pasti Anda pernah merasakan tanda-tanda kesulitan melihat, bahkan saat menggunakan kacamata sekalipun. Apa saja tanda-tanda yang sering muncul? Simak terus penjelasannya dibawah ini.

 

1. Mata Nyeri

Seperti lensa kamera, mata kita perlu menyesuaikan fokusnya pada objek dengan jarak yang berbeda-beda. Apabila lensa kacamata kurang tepat, maka sudah pasti mata akan bekerja lebih keras. Tidak menutup kemungkinan lama kelamaan mata Anda menjadi mata jadi tegang, kering dan nyeri.

 

2. Sakit kepala

Lagi lagi mata bekerja lebih keras dari seharusnya dan Anda mengabaikan rasa nyeri di sekitar mata saat melakukan aktivitas seperti membaca buku, menatap layar digital dan menulis. Padahal ketegangan pada otot mata dapat memicu sakit kepala. Jika sakit kepala cukup menganggu kenyamanan Anda terutama saat melakukan pekerjaan, segera kunjungi dokter mata untuk pencegahan lebih awal.

 

3. Mengubah layar screen

Jika Anda terbiasa dengan ukuran pada layar laptop sebesar 50% kini mengubahnya menjadi lebih tinggi, menaikkan brightness pada layar atau perubahan pengaturan komputer lainnya, bisa jadi termasuk dalam tanda-tanda untuk mengganti kacamata atau upgrade lensa kacamata Anda.

 

4. Menyipitkan mata

Menyipitkan mata untuk melihat sesuatu yang lebih jelas merupakan cara yang sering dilakukan. Lain halnya jika sudah memakai kacamata, namun secara tidak sadar masih harus menyipitkan mata terus-terusan agar bisa melihat objek dengan jelas. Tentunya hal itu patut diawasi, karena jika dilakukan secara berkepanjangan dapat memicu sakit kepala.

 

Tanda-tanda seperti di atas bisa jadi merupakan tanda di mana Anda perlu mengganti kacamata. Coba diingat kembali, kapan terakhir Anda memeriksakan mata? Meski resep kacamata bisa tetap stabil hingga 2-3 tahun sebelum menggganti kembali. Namun, aktivitas dan kebiasaan sehari-hari bisa mengubah hal itu semakin cepat. Mulai sekarang, biasakan periksa mata setiap enam bulan sekali di dokter mata atau ahli refraksionis kami di Optik Tunggal, ZEISS Vision Center dan Optik Tunggal Next Generation terdekat. Anda bisa melakukan pemeriksaan mata secara gratis dan upgrade lensa kacamata sesuai kebutuhan mata langsung di store atau melalui pelayanan home serviceOptik Tunggal Mobile Experience.

 

Baca juga: Mitos dan Fakta Seputar Penggunaan Kacamata yang Sering Salah Kaprah

BAGIKAN