Ini Dia Warna Bola Mata Terlangka di Dunia!

Manusia diciptakan memiliki warna mata yang beragam. Pada umumnya warna bola mata yang sering ditemukan di Indonesia adalah coklat tua. Namun hal itu sangat wajar karena sebagian besar populasi di dunia memiliki bola mata berwarna coklat. Jika berbicara warna bola mata di dunia, beberapa di antaranya sangat langka ditemukan. Apa saja warna bola mata terlangka di dunia?

  1. Biru

Bola mata berwarna biru merupakan impian bagi sebagian orang. Biasanya pemilik bola mata biru berasal dari benua Eropa bagian Utara seperti Denmark, Swedia dan Norwegia. Mayoritas pemilik bola mata berwarna biru merupakan orang-orang berkulit putih. Menurut para ahli, tidak ada pigmentasi warna biru pada tubuh manusia secara alami. Warna biru memungkinkan muncul karena seseorang dapat kekurangan melanin pada matanya. Hal ini dapat membuat warna bola mata menjadi lebih terang. Salah satunya menghasilkan warna biru. Hanya 10% populasi di dunia yang bermata biru. 

  1. Hijau

Populasi bola mata hijau terbanyak ditemukan di Eropa Utara, Eropa Tengah dan sering ditemukan di keturunan Celtic atau Jerman. Sesungguhnya warna hijau pada mata berasal dari pigmen kuning atau cokelat yang akhirnya berubah menjadi hijau karena kekurangan melanin, sama kasusnya seperti warna biru. Hijau termasuk salah satu warna bola mata yang langka, hanya ada sekitar 2% dari populasi di dunia yang memilikinya.  

  1. Hazel

Mata berwarna hazel memiliki kombinasi warna pada irisnya. Terdapat campuran coklat terang dengan aksen hijau dan oranye. Warna yang dihasilkan seperti warna mata kucing. Mata berwarna hazel memiliki ciri-ciri lingkar coklat di pupilnya. Sangat jarang ditemukan seseorang memiliki warna hazel pada matanya, namun warna ini paling sering ditemukan di Afrika Utara, Timur Tengah, Brasil, dan keturunan Spanyol. 

  1. Amber

Jangan sampai tertukar dengan dengan warna hazel atau coklat jika melihat mata berwarna amber. Bola mata berwarna amber dianggap sebagai warna yang terunik dan terlangka, sebab warna yang dihasilkan dari amber ini seperti kuning tembaga. Pemilik mata ini hanya 5% dari populasi dunia.

  1. Kelabu

Anda dapat menemukan warna mata Amber di populasi Eropa Utara dan Timur. Seseorang dengan mata abu-abu memiliki iris yang kekurangan melamin dan kolagen, biasanya disebut sebagai stroma. Kekurangan melanin dapat memblokir warna biru muncul pada mata, kemudian menghasilkan rona berwarna abu-abu.

  1. Merah dan Violet

Kurang dari 1 persen populasi di dunia memiliki mata berwarna merah atau ungu. Unik bukan? Seseorang dapat terlihat memiliki mata ungu, ketika dirinya kekurangan pigmentasi dan ada cahaya yang memantulkan pembuluh darah di dalam matanya. Biasanya hanya orang albino yang memiliki mata berwarna merah atau violet. Kurangnya pigmentasi pada kulit mereka yang menyebabkan pembuluh darah muncul dan memberikan tampilan mata berwarna merah.

Semua warna pada mata sama indahnya. Dan apapun warna matanya, tetap periksakan mata Anda 6 bulan sekali untuk mengatasi kelainan refraksi mata lebih dini. Periksa mata Anda di Optik Tunggal atau ZEISS Vision Center, gratis!

SHARE IT