Efek Buruk Sinar Biru Bagi Mata Anak? Lakukan Hal Ini Agar Penglihatan Anak Tidak Menurun

Pandemi Covid-19 membuat perubahan besar bagi aktivitas kita sehari - hari. Salah satu dampaknya aktivitas bekerja diharuskan Work From Home atau biasa kita sebut WFH. Aktivitas ini membuat kita menjadi menatap layar komputer atau smartphone lebih lama dari biasanya. Hal ini akan menjadi permasalahan baru bagi penglihatan. Mata yang terpapar sinar biru dari gadget terlalu lama dapat membuat mata Anda bermasalah. Berikut efek – efek sinar biru terhadap mata Anda.

Kelelahan pada mata

Sinar biru dari komputer atau smartphone yang terpapar terus - menerus memiliki efek samping yaitu mata menjadi lelah atau biasa disebut digital eyestrain. Gejala yang dirasakan biasanya pusing di sekitar mata, susah untuk fokus, mata perih dan kering.

Kerusakan retina

Mata tidak memiliki proteksi lebih untuk paparan sinar biru dari sinar matahari maupun gadget. Setelah menembus bagian luar mata, sinar biru akan mencapai bagian terdalam mata yaitu retina. Ini bisa menimbulkan efek jangka panjang berupa kerusakan pada retina. Jika paparan berlangsung terus – menerus akan meningkatkan resiko penyakit mata seperti degenerasi makula, glaukoma, dan penyakit retina degeneratif.

Tips mencegah efek sinar biru

Ternyata kebiasaan Anda sehari – hari dapat membuat kemampuan penglihatan Anda menurun. Cukup banyak efek buruk dari sinar biru yang masuk ke dalam mata, untuk itu Anda harus mengubah kebiasaan – kebisaan buruk Anda. Berikut cara mencegah paparan sinar biru terhadap penglihatan Anda.

Screen time

Dalam sehari, berapa lama Anda menatap layar smartphone? Jika belum tahu sebaiknya Anda cek pada smartphone Anda dan melihat berapa lama screen on time Anda selama sehari. Hal yang paling mudah untuk dilakukan dalam menjaga penglihatan adalah dengan membatasi screen on time Anda di aplikasi yang sebenarnya tidak Anda diperlukan.

Penerangan lampu yang cukup

Saat menggunakan gadget sebaiknya miliki penerangan lampu yang cukup. Fungsinya agar sinar biru gadget tidak masuk ke dalam mata dengan mudah karena jika menggunakan gadget dalam kondisi gelap, pupil mata akan membesar dari biasanya yang meningkatkan resiko terpapar sinar biru menjadi lebih banyak dan membuat otot mata menjadi tegang. Jika kebiasaan ini dilakukan secara terus - menerus membuat mata Anda menjadi lelah atau bahkan bisa bermasalah.

Aktivitas Outdoor

Di sela – sela istirahat WFH atau sekolah online sebaiknya melakukan aktivitas di luar ruangan seperti melakukan peregangan di teras rumah selepas duduk berjam - jam menatap layar komputer. Bisa juga untuk melakukan meditasi atau latihan pernapasan agar tubuh dan mata Anda menjadi lebih relaks.

Memakai perlindungan kacamata

Penderita digital eyestrain semakin banyak, untuk itu Optik Tunggal menghadirkan perlindungan untuk mata anak Anda dengan lensa ZEISS BlueProtect. Lensa ini berfungsi untuk membatasi sinar biru dari komputer atau smartphone sehingga mata anak tidak terpapar sinar biru yang berlebihan. Sinar biru sebenarnya ada yang memiliki manfaat baik yaitu Blue Turquoise yang bermanfaat untuk meningkatkan mood baik sehingga anak menjadi lebih produktif dan tetap fokus walau badan lelah. Oleh sebab itu dengan memakai lensa ZEISS BlueProtect dari Optik Tunggal, mata anak Anda tetap mempunyai filter pintar sehingga akan melindungi mata dari sinar biru berbahaya namun tetap meneruskan sinar biru yang bermanfaat. Teknologi dari ZEISS BlueProtect lenses ini membantu menjaga penglihatan dan mengatasi sakit kepala karena mata lelah.

Dapatkan kacamata dan lensa ZEISS BlueProtect hanya di store Optik Tunggal terdekat atau jika tidak ingin keluar rumah, Optik Tunggal Mobile Experience siap melayani Anda di rumah. Hubungi Customer Service kami via telepon atau WA di 08111 320 3000.

BAGIKAN