Alasan Pentingnya Periksa Mata Secara Rutin

Masa pandemi yang sudah kita lewati hampir 3 tahun ini masih belum ada tanda-tanda usai. Menjaga kesehatan tubuh tentu sudah menjadi prioritas di semua kalangan masyarakat. Namun tidak hanya kesehatan tubuh, Anda juga harus memperhatikan kesehatan mata. Mata merupakan indra penglihatan yang sangat penting bagi manusia. Apabila kesehatan mata terganggu, aktivitas harian pun akan terhambat.  

Pandemi juga memaksa kita lebih sering menggunakan gadget. Melihat layar gadget lebih lama dapat membuat mata kita menjadi mudah lelah bahkan sinar biru yang berlebih dapat mengakibatkan katarak. Selain itu, seiring dengan bertambahnya usia, mata menjadi lebih rentan untuk mengalami kerusakan dan berbagai penyakit. Oleh sebab itu, periksa mata rutin menjadi aspek penting yang harus diperhatikan oleh setiap orang.

Mengapa Periksa Mata Itu Penting? 

Ketika periksa mata, Anda akan menjalani serangkaian tes yang dilakukan untuk memeriksa fokus penglihatan dan jarak pandang. Hasil tes ini akan menentukan kelainan refraksi mata yang Anda alami, seperti rabun jauh (minus), rabun dekat (plus) atau mata silinder. Bagi Anda pengguna kacamata, lensa kontak, atau bedah LASIK untuk memperbaiki penglihatan mata, periksa mata bertujuan untuk memantau kondisi mata dan mengetahui apakah masalah penglihatan yang diderita memburuk atau tidak.

Pada Umur Berapa Sebaiknya Kita Memeriksa Mata?

Jika Anda memiliki anak berumur 3 tahun, sebaiknya sudah mulai periksakan matanya. Hal ini untuk mengetahui gejala gangguan mata yang sering dialami oleh anak, di antaranya amblyopia (mata malas) dan strabismus (mata juling). Selain itu, periksa mata rutin bertujuan untuk mendeteksi lebih dini penyakit lainnya seperti katarak kongenital ataupun retinoblastoma. 

Pada usia 4-19 tahun, pemeriksaan mata dianjurkan untuk mengatasi lebih dini jika ada kelainan rabun jauh atau mata minus. Sedangkan pemeriksaan mata untuk umur 20 tahun ke atas harus dilakukan secara komprehensif, terutama jika Anda memiliki riwayat keluarga yang memiliki sakit mata atau Anda baru saja mengalami trauma pada mata. Jika sudah memasuki lanjut usia dan mengonsumsi obat-obatan tertentu ada beberapa hal yang akan mempengaruhi kondisi mata Anda. Penyakit mata degeneratif (terkait dengan usia) akan lebih mudah timbul. 

Periksa mata berkala dapat membantu deteksi dini, sehingga gangguan pada mata bisa segera ditangani. Apakah periksa mata mengeluarkan banyak biaya? Periksa mata di Optik Tunggal GRATIS dan sangat nyaman. Store kami sudah dilengkapi dengan teknologi terkini untuk mendeteksi kelainan refraksi mata. Bahkan kami memiliki alat yang dapat menyesuaikan titik refraksi mata dengan bentuk lensa pada frame yang Anda pakai nantinya. Menarik bukan? Yuk segera periksakan mata anak Anda di Optik Tunggal atau ZEISS Vision Center.

BAGIKAN