Yuk, Ketahui Tips Mudah Menjaga Kesehatan Mata

Mata merupakan bagian yang paling penting untuk membantu aktivitas kita sehari-hari. Namun sayang, masih banyak orang yang belum aware untuk menjaga kesehatan mata mereka. Padahal, kebiasaan kita dalam beraktivitas dan mengonsumsi makanan tidak sehat bisa berdampak meningkatkan risiko terjadinya gangguan penglihatan.

 

Jika mata sudah mengalami gangguan atau masalah penglihatan, tentu cara mengatasinya dan pengobatan yang dilakukan tak lagi mudah. Selama mata masih sehat, alangkah baiknya tetap merawatnya dengan baik dan tentunya mudah untuk dilakukan, selama punya tekad dan niat yang besar. Nah, agar mata tetap sehat, simak ulasan tipsnya di bawah ini ya!

 

1. Mengonsumsi Makanan Sehat

Ternyata, asupan makanan kita sehari-hari bisa memengaruhi indera penglihatan, lho. Cobalah mulai sekarang untuk rutin mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin C dan E, asam lemak omega 3, zink dan lutein. Tidak perlu bingung, Anda bisa mengonsumsi makanan yang mengandung nutrisi dia atas seperti sayuran hijau, tuna, telur, kacang-kacangan, buah seperti jeruk, strawberry, blueberry dan lainnya.

 

2. Stop Merokok!

Apakah Anda termasuk orang yang suka merokok? Mulai sekarang, usahakan untuk berhenti merokok, karena selain merusak paru-paru, jantung dan pemicu kanker, merokok juga dapat menjadi penyebab gangguan pada penglihatan. Asap rokok dipercaya bisa meningkatkan risiko terjadinya katarak, degenerasi makula dan saraf optik yang merusak retina dan kebutaan.

 

 

3. Kacamata dan Lensa Pelindung

Untuk aktivitas sehari-hari, menggunakan kacamata turut membantu kesehatan dan kenyamanan dalam melihat. Agar tetap sehat dan meminimalisir gangguan kesehatan mata saat berkegiatan di luar ruangan, Anda bisa menggunakan kacamata hitam untuk terhindar dari efek negatif sinar matahari pada mata. Bila beraktivitas di depan perangkat digital, Anda bisa menggunakan lensa anti radiasi pada kacamata. Kedua hal ini bisa Anda dapatkan langsung di Optik Tunggal dan ZEISS Vision Center terdekat.

 

4. Rutin Periksa Mata

Untuk mencegah terjadinya gangguan kesehatan pada mata, pemeriksaan mata secara rutin bisa Anda lakukan. Mengapa? Karena pemeriksaan mata secara rutin bisa memantau kondisi dan mendeteksi masalah kesehatan mata yang muncul. Pastikan untuk memeriksakan mata setiap enam bulan sekali. Tentu, pemeriksaan mata secara rutin berlaku untuk mereka yang berusia muda maupun lanjut usia. Periksakan mata Anda di dokter mata atau kunjungi ZEISS Vision Center terdekat.

 

BAGIKAN