Tips Menjaga Kesehatan Mata di Era Digital dengan ZEISS Digital Lenses

Menjelajahi dunia digital kini sudah menjadi bagian aktivitas sehari-hari. Mata kita harus terbiasa untuk menatap layar gawai baik untuk kebutuhan pekerjaan atau sekadar mencari hiburan. Namun seperti yang Anda ketahui, memandang layar gawai terlalu lama dapat menimbulkan digital eye strain atau computer vision syndrome (CVS). 

Beberapa gejala CVS yang perlu Anda perhatikan seperti mata kering dan iritasi, penglihatan sering kabur dan mengalami sakit kepala berlebih setelah lama menatap layar gawai. Anda perlu mencegah hal tersebut terjadi. Berikut merupakan tips menjaga kesehatan mata di era digital: 

  1. Hindari Pantulan Cahaya 

Layar perangkat dapat memantulkan cahaya yang menyilaukan dan kurang baik bagi mata. Sinar tersebut bisa berasal dari sinar matahari ataupun lampu. Sebaiknya atur posisi perangkat agar tidak menghadap langsung ke sumber cahaya. Jika tidak memungkinkan, atur pencahayaan ruangan dengan memasang tirai pada jendela atau mengurangi watt lampu. Anda juga dapat menggunakan lapisan anti glare pada layar agar dapat mengurangi pantulan.

  1. Atur Layar

Jika Anda sudah berhasil menghindari pantulan cahaya, ada baiknya Anda menyetel ulang kecerahan dan visual pada layar gawai. Kecerahan (brightness) dan kontras (contrast) layar sebaiknya tidak jauh lebih terang atau lebih gelap dibandingkan dengan kondisi ruangan. Disarankan untuk memilih ukuran huruf yang cukup besar untuk dapat terbaca dengan jelas. Menggunakan wallpaper tanpa motif dapat membantu mata untuk fokus pada konten utama. 

  1. Jaga Jarak Mata dengan Layar

Pastikan jarak antara layar dan mata tidak terlalu dekat. Layar gawai idealnya berjarak sekitar sepanjang lengan dari mata dengan pusat layar sedikit berada di bawah mata. 

  1. Istirahatkan Mata Secara Berkala

Salah satu tips yang dapat kita gunakan untuk mencegah mata lelah adalah mengikuti aturan 20-20-20: setiap 20 menit, lihatlah benda sejauh 20 kaki (±6 meter) selama 20 detik. Selain itu berkediplah lebih sering untuk menjaga kelembaban mata karena gerakan ini menyebarkan air mata secara merata ke permukaan mata. Sehingga mencegah mata Anda tidak kering saat menggunakan perangkat digital dalam jangka waktu lama. 

  1. Gunakan Perlindungan Lebih Pada Mata Anda

Jika Anda memiliki gangguan refraksi mata, ZEISS Digital Lenses menawarkan solusi sempurna untuk gaya hidup digital Anda. Lensa ZEISS Digital dapat membuat fokus mata menjadi lebih cepat dan nyaman, berkat pengoptimalan jarak dekat pada lensa secara khusus. Lensa ini tidak hanya ideal untuk perangkat digital tetapi juga untuk membaca buku dan majalah dengan font cenderung kecil sekalipun. Lensa ZEISS Digital akan memberi Anda tampilan yang benar-benar baru dari gadget atau TV Anda. Lensa ini direkomendasikan untuk penggunaan perangkat digital secara optimal. Mata Anda akan sangat terbantu.

Memberi perlindungan lebih seperti menggunakan ZEISS Digital Lenses dapat membantu mata Anda tidak mudah lelah. Lensa ini sangat terfokus pada penggunaan perangkat digital seperti gadget dan televisi. Optimalisasi zona dekat secara khusus, memperhitungkan gerakan mata dan jarak membaca yang lebih pendek pada saat menggunakan layar digital. Desain lensa ZEISS digital secara optimal mendukung otot mata, sehingga memudahkan pemakainya untuk memfokuskan penglihatan mata dalam jarak dekat dan jarak jauh. Ini dapat mengurangi risiko mata lelah. 

ZEISS Digital Lenses merupakan pilihan tepat untuk perlindungan mata Anda di era digital. Tunggu apalagi? Segera ganti lensa kacamata Anda dengan ZEISS Digital Lenses. Kunjungi Optik Tunggal atau ZEISS Vision Center untuk mendapatkan lensa Digital ZEISS dengan kualitas dan pelayanan terbaik

BAGIKAN