Tips Memilih Softlens untuk Mata Sensitif

Lensa kontak atau softlens kerap menjadi pilihan pengganti kacamata karena penampilannya pada wajah cenderung lebih simpel. Seperti kacamata, penggunaan lensa kontak dapat membantu Anda melihat objek di sekitar lebih jelas sekaligus membuat mata terlihat lebih indah. Namun bagi Anda yang memiliki mata yang sensitif, mungkin bingung menentukan softlens yang tepat. Simak beberapa tips memilih softlens untuk mata sensitif di bawah ini!

  1. Perhatikan Jenis Softlens

Saat membeli softlens, perhatikanlah jenis softlens yang akan Anda gunakan. Pilih jenis softlens untuk mata sensitif dan sesuaikan dengan kebutuhan Anda. Perhatikan juga jangka waktu pemakaian softlens, apakah akan dipakai dalam jangka waktu panjang atau hanya sekali pakai. Sebaiknya hindari menggunakan jenis softlens yang sifatnya mengobati mata terutama bagi Anda dengan kondisi mata normal tanpa minus. Hal ini dikhawatirkan akan memberikan dampak buruk atau menyebabkan mata menjadi rusak.

  1. Perhatikan Kandungan Air

Sebelum membeli softlens, sebaiknya Anda mencari tahu review produk lensa kontak yang akan dibeli termasuk kadar air yang digunakan. Hal ini sangat penting dilakukan, agar tidak menyebabkan mata kering. Sebaiknya Anda yang memiliki mata sensitif menggunakan softlens dengan kandungan air di atas 50%. 

  1. Perhatikan Bahan Softlens

Softlens dengan bahan silicone hydrogel merupakan salah satu bahan lensa mata yang sangat direkomendasikan. Softlens jenis ini akan menjaga oksigen 5 kali lebih baik untuk kornea mata. Pada dasarnya, lensa kontak ini memiliki bahan yang sangat lentur sehingga dapat memberikan kenyamanan ketika digunakan. 

  1. Waktu Pemakaian Softlens

Anda dapat menentukan jenis softlens sesuai kebutuhan pemakaian. Anda wajib mematuhi jangka waktu penggunaan softlens yang telah ditetapkan. Segera ganti softlens yang baru jika masa penggunaannya sudah habis. Jangka pemakaian softlens sangat beragam.  Ada jenis softlens yang hanya sekali pakai atau yang pemakaiannya cukup lama, dari 2 mingguan sampai dengan 3 bulanan.

  1. Baca Expired Softlens

Softlens merupakan benda asing yang akan dipakai langsung di kornea mata. Jadi harus dipastikan bahwa produk tersebut higienis dan masih dalam keadaan baik ketika digunakan. Hal ini sangat penting untuk menghindari dampak buruk yang akan terjadi. Dampak buruk yang terjadi jika menggunakan softlens yang sudah kadaluarsa yaitu mata akan terasa gatal, perih, iritasi atau bisa gangguan mata yang lainnya seperti konjungtivitis.

Jika Anda ingin membeli kontak lensa dengan kualitas terbaik, Optik Tunggal menyediakan berbagai pilihan kontak lensa. Segera kunjungi Optik Tunggal dan ZEISS Vision Center terdekat untuk memilih kontak lensa favorit Anda. 

BAGIKAN