Sulit Fokus Saat Pertama Kali Work from Home?

Hampir seluruh perusahaan di dunia, bahkan Indonesia mengeluarkan kebijakan bekerja dari rumah atau work from home demi menanggulangi penyebaran virus Covid-19, setelah Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan bahwa masyarakat dunia menghadapi pandemi ini. Untuk sebagian orang, bekerja dari rumah merupakan pengalaman baru dan pertama yang sulit untuk dilakukan bahkan cenderung berpeluang menjadi tidak produktif di lingkungan rumah.

Rintangan terbesar yang dihadapi sebagian besar karyawan saat bekerja dari rumah yakni adanya gangguan dari anak-anak atau orang lain, godaan untuk menonton televisi, mendengarkan musik atau bahkan saat wi-fi di rumah tidak berfungsi dengan baik.

Simak beberapa tips di bawah ini agar tetap fokus dan menghindari gangguan saat Anda bekerja dari rumah

1. Buat Tempat Kerja Khusus

Hal pertama dan terpenting yang harus Anda perhatikan sebelum bekerja dari rumah adalah menciptakan tempat kerja khusus di rumah. Informasikan pula ke orang rumah agar tetap menganggap ruangan tersebut sebagai kantor. Hindari juga bekerja di atas tempat tidur ya, karena hanya akan menambah rasa malas.

2. Berpakaian layaknya pergi ke kantor

Pastikan Anda mandi terlebih dahulu sebelum bekerja dari rumah, kenakan pakaian sederhana yang biasa Anda gunakan saat ingin ke kantor, seperti kemeja. Berbusana seakan pergi ke kantor dapat menjadi faktor pendorong saat bekerja dari rumah, yang pada akhirnya akan meningkatkan produktivitas kita.

3. Melakukan kontak dengan rekan kerja secara berkala

Dengan melakukan update terus-menerus tentang pekerjaan, diskusi, dan rapat, maka peluang semangat bekerja dari rumah akan setara saat Anda bekerja di kantor.

4. Hindari merasa terisolasi

Adanya virus Corona ini tak pelak membuat Anda merasa bosan bahkan merasa terisolasi dari dunia luar karena tidak tahu sampai kapan Anda dan orang lain berada di rumah atau bekerja dari rumah. Jadi selain bekerja, lakukan juga interaksi dengan orang rumah, termasuk dengan anak atau pasangan Anda. Tak lupa untuk olahraga sesaat setelah jam kantor selesai dan memasak makanan kesukaan Anda dan keluarga!

BAGIKAN