Sering Panas-panasan Tanpa Sunglass? Ini Akibatnya!

Sunglass atau kacamata hitam tidak hanya berfungsi sebagai kacamata gaya yang digunakan saat liburan, namun juga sebagai perlindungan untuk mata Anda. Kebanyakan orang memang belum sadar akan pentingnya memakai sunglass atau kacamata hitam di saat sinar matahari muncul. Pada dasarnya sinar matahari memiliki efek positif dan baik untuk membantu kehidupan sehari-hari. Namun juga terdapat efek negatif dari radiasi yang dihasilkan sinar matahari (UV) bila terlalu lama terpapar.

 

Saat melihat cahaya matahari, pernahkah mata Anda terasa sakit? Jika pernah, Anda perlu waspada. Karena, ada bahaya yang timbul jika Anda tidak menggunakan kacamata hitam atau sunglass saat matahari sedang terik-teriknya. Efek negatif dari sinar matahari pada mata dapat berakibat;

 

  • Menimbulkan sakit kepala serta mata tegang

    Dengan mata telanjang, mata tentu akan terganggu dengan pancaran sinar matahari yang bisa berujung dengan sakit kepala.

  • Mata menjadi kering

    Kelembaban mata perlu di jaga, jika berada di luar tanpa mengenakan sunglass atau kacamata hitam, efeknya bisa berupa mata menjadi kering dan berpotensi menimbulkan gatal dan iritasi.

  • Luka bakar pada mata

    Jika kulit tangan saja bisa terbakar karena sinar matahari, apalagi mata? Namun yang dimaksud di sini adalah permukaan kulit pada bagian mata, ya. Faktanya, sinar matahari dapat membakar kelopak mata, yang di mana kelopak mata memiliki fungsi yang sangat baik untuk melindungi mata dari benda asing, termasuk sinar matahari.

  • Degenerasi Makula

    Degenerasi makula sendiri merupakan suatu kondisi di mana seseorang akan kehilangan kemampuan untuk memandang lurus ke depan dan kesulitan melihat detail, jika dibiarkan maka kehilangan penglihatan menjadi salah satu resiko terbesar. Jadi biasakan selalu mengggunakan kacamata hitam atau lensa dengan lapisan UV Protection.

  • Fotofobia

    Dampak lain yang bisa ditimbulkan akibat tidak menjaga mata dari sinar matahari yakni fotofobia. Suatu kondisi di mana mata akan terasa sakit atau tidak nyaman ketika melihat cahaya terang atau melihat sinar matahari, bahkan pada lampu yang sangat terang sekalipun. Bisa dikatakan mata akan menjadi sangat sensitif dengan cahaya.

 

Jika sudah paham efek negatif dari sinar UV, maka menggunakan sunglass atau kacamata hitam saat sedang berada di bawah teriknya sinar matahari merupakan hal yang penting.

 

Tak perlu khawatir, kebutuhan penglihatan seperti sunglass dan kacamata dengan lapisan lensa sinar UV Protection bisa Anda dapatkan langsung di Optik Tunggal, ZEISS Vision Center dan Sunglass Planet terdekat Anda.

BAGIKAN