Sakit Kepala Karena Kelamaan Menatap Layar Digital? Ini Cara Mengatasinya!

Ada penyakit baru yang timbul di antara kaum milenial dan pekerja zaman revolusi industri 4.0 yang merupakan generasi pengguna gadget. Kebiasaan para pekerja dan pelajar menatap layar komputer atau smartphone selama berjam - jam untuk pekerjaan ataupun mencari hiburan nyatanya dapat menimbulkan CVS atau Computer Vision Syndrome. Sering kali orang yang terlalu lama menatap layar komputer atau smartphone mengeluhkan sakit kepala dan memiliki masalah penglihatan.

Biasanya CVS disebabkan karena terlalu lama menatap layar komputer atau smartphone tanpa ada istirahat yang cukup, sehingga cara mengatasinya adalah dengan menjauhkan diri dari layar dan mengistirahatkan mata. Selain menjauhkan diri dari layar komputer, Anda juga bisa melakukan beberapa hal berikut ini.

Memperbaiki Postur Tubuh

Ketika bekerja biasanya Anda tidak sadar akan postur tubuh Anda sendiri. Jarak antara komputer dengan mata sebaiknya 50-60 cm. Posisi duduk layar komputer harus sejajar sehingga leher Anda tidak menunduk ataupun mendongak yang bisa berakibat ketegangan pada leher. Sebaiknya Anda juga duduk tegak jangan membungkuk saat bekerja menatap layar komputer.

  

Mengatur layar komputer dan penerangan lampu

Layar yang terlalu terang dapat membuat mata menjadi lebih tegang dan dapat membuat mata Anda menjadi bermasalah salah satunya menimbulkan sakit kepala lebih cepat. Terlalu gelap juga tidak disarankan karena pupil mata akan membesar untuk beradaptasi yang akan membuat mata Anda menjadi tegang. Sebaiknya keterangan layar dibuat sedang, tidak terlalu terang dan tidak terlalu gelap tapi menggunakan penerangan lampu yang cukup agar sinar yang masuk ke mata seimbang.

Latihan pernapasan dan meditasi

Disela hectic-nya pekerjaan sebaiknya sempatkan 5–10 menit untuk mengistirahatkan mata Anda. Pejamkanlah mata Anda lalu lakukan latihan pernapasan agar tubuh dan mata menjadi rileks. Mulailah mengambil napas dengan panjang dan perlahan beberapa kali, lalu buang secara perlahan. Lakukan hal ini beberapa kali sampai sakit kepala Anda terasa berkurang.

Memakai perlindungan kacamata

Pengidap CVS semakin banyak, untuk itu Optik Tunggal menghadirkan perlindungan mata Anda dengan kacamata lensa ZEISS DuraVision with Blue Protect UV. Lensa ini memiliki double protection yaitu untuk indoor dan outdoor. Fungsi untuk indoor dari lensa ini untuk membatasi sinar biru dari layar komputer atau smartphone sehingga mata tidak terpapar sinar biru yang berlebihan. Untuk outdoor kacamata ini dapat menghalau sinar UV dari matahari agar mata tetap terlindungi. Oleh sebab itu dengan memakai lensa ZEISS DuraVision with Blue Protect UV dari Optik Tunggal Anda tetap mendapatkan sinar biru yang baik dan mencegahnya agar tidak berlebihan masuk ke mata sehingga dapat membantu menjaga penglihatan dan mengatasi sakit kepala karena mata lelah.

Dapatkan kacamata dengan lensa ZEISS DuraVision with Blue Protect UV hanya di store Optik Tunggal terdekat atau jika tidak ingin keluar rumah, Optik Tunggal Mobile Experience siap melayani Anda di rumah. Hubungi Customer Service kami via telepon atau WA di 08111 320 3000 atau 0811 1351 1000.

BAGIKAN