Myopia Pada Kesehatan Mata Anak-Anak

Sebagai orangtua, menjaga kesehatan mata anak adalah hal yang paling penting. Mata adalah jendela dunia yang perlu di jaga sejak dini. Namun seperti yang kita ketahui, penggunaan gadget, cara membaca buku atau lingkungan di mana anak-anak bermain menjadi hal yang harus di perhatikan. Dari kegiatan-kegiatan tersebut, ada yang menjadi penyebab mengapa mata anak-anak berubah menjadi mata minus.

 

Penggunaan kacamata pada anak memang tidak bisa menyembuhkan mata minus, namun bisa mengurangi bahkan memperlambat pertumbuhan mata minus pada anak bila di rawat. Di tambah sebagian besar ibu-ibu kurang memiliki pengetahuan mengenai Myopia.

 

Nah, apa itu Myopia?

 

Myopia merupakan kondisi mata yang menyebabkan objek yang letaknya dekat terlihat jelas, sementara objek yang letaknya jauh terlihat kabur. Orangtua perlu memeriksakan mata anak secara berkala untuk mengetahui myopia. Pemeriksaan pertama harus dilakukan di tahun pertama anak sejak lahir. Kedua, di saat anak berumur 3,5 tahun. Ketiga, pada saat anak usia 5 tahun. Namun, setelah usia lima tahun, pemeriksaan kesehatan mata harus cukup rutin mengingat kegiatan anak sehari-hari semakin meningkat.

 

Myopia pada anak-anak dapat meningkat dengan cepat saat tubuh dan mata mereka tumbuh. Pertumbuhan mata bisa meregangkan kornea dan retina lebih cepat. Namun, anak-anak dengan Myopia biasanya mencapai penglihatan yang mantap pada remaja mereka.

 

Khawatir anak Anda memiliki Myopia?

 

Lakukan pemeriksaan mata pada anak hari ini atau kunjungi Optik Tunggal Next Generation terdekat Anda!

 

#MyoVision #OptikAnak #OptikTunggalNextGeneration

SHARE IT