Menjaga Kesehatan Mata dengan Tidur Cukup Waktu

Padatnya jadwal sehari-hari membuat Anda tidak memiliki cukup waktu untuk beristirahat? Memiliki waktu tidur yang cukup dan berkualitas sangat penting untuk menjaga kesehatan mata. Bila tidak cukup waktu untuk tidur, hal ini akan mempengaruhi dalam kemampuan penglihatan mata Anda.

Seperti anggota tubuh lainnya, mata memerlukan waktu untuk beristirahat secara total. Aktivitas Anda di depan layar atau pekerjaan di luar ruangan membuat mata butuh waktu panjang untuk memperbaiki dan memulihkan saraf. Maka dari itu tidur adalah jalan satu-satunya agar mata mendapatkan istirahat total untuk proses pemulihan tersebut. 

Saat Anda kurang tidur, mata tidak memiliki cukup waktu untuk melakukan pemulihan secara optimal. Kondisi ini dapat mengakibatkan menurunnya kemampuan melihat secara perlahan. Dampak lainnya dari kurang tidur adalah mata terasa gatal, kering dan mata akan tampak memerah. Hal ini disebabkan mata tidak memproduksi air mata yang cukup untuk menjaga kelembapan. Akibatnya, mata juga berisiko terkena infeksi.

Lalu berapa jam waktu tidur yang ideal bagi tubuh? Jumlah waktu tidur yang ideal porsinya berbeda setiap usia. Berikut daftar waktu tidur yang ideal berdasarkan usia menurut para ahli:

  • Lansia (65+): 7-8 jam.

  • Dewasa (18-64 tahun): 7-9 jam.

  • Remaja (14-17 tahun): 8-10 jam.

  • Anak sekolah (6-13 tahun): 9-11 jam.

  • Anak-anak prasekolah (3-5 tahun): 10-13 jam.

Selain cukup, kualitas tidur juga harus terjaga. Jika Anda mengalami gangguan tidur jangan terburu-buru mengonsumsi obat. Anda bisa melakukan relaksasi atau membuat minuman coklat hangat sebelum tidur. 

Jika penglihatan Anda mulai buram karena kurang beristirahat, lakukan konsultasi segera agar tidak memperburuk kondisi mata. Periksa mata di Optik Tunggal atau ZEISS Vision Center tidak dikenakan biaya sepeserpun. Kami menyarankan untuk periksa mata Anda secara rutin setiap 6 bulan sekali. 

BAGIKAN