Bisa Merusak Kesehatan Mata, Hindari Kebiasaan Kecil Ini Mulai Sekarang!

Sedikit demi sedikit, lama-lama menjadi bukit. Pernah mendengar peribahasa tersebut? Peribahasa tersebut memiliki arti bahwa usaha atau upaya kecil yang dilakukan terus-menerus lambat-laun akan menghasilkan hasil. Entah itu hasil yang baik atau yang buruk. Jika dikorelasikan dengan kebiasaan kecil yang buruk dan bisa berpengaruh pada kesehatan mata, tentu perlu dihindari. Berikut adalah hal kecil yang berefek buruk pada kesehatan mata, seperti;

 

- Tidak Memakai Lensa Kacamata dengan UV Protect

Jika mata terlalu lama terpapar sinar matahari langsung, tentu akan punya dampak buruk untuk ke depannya, salah satunya katarak. Maka menggunakan kacamata dengan UV Protection pada lapisan lensa sangat disarankan untuk Anda.

 

- Memakai Softlens dalam Jangka Waktu yang Lama

Karena merasa baik-baik saja, masih banyak orang yang menggunakan softlens saat tidur dan menggunakan softlens dalam waktu yang lama. Padahal batas pemakaian softlens sendiri hanya 8 jam dalam sehari!

 

- Sering Mengucek Mata

Terkadang tanpa sadar tangan Anda mengucek mata saat gatal tiba-tiba muncul. Pasalnya, menggunakan tangan untuk mengucek mata menjadi penyebab bakteri dan kotoran masuk serta menyebar ke area mata sehingga mata menjadi merah karena iritasi. Apalagi di tengah pandemi Covid-19 saat ini, cuci tangan dengan bersih dan tidak menyentuh wajah dengan tangan perlu Anda terapkan.

 

- Menggunakan Makeup Kedaluwarsa

Memakai produk yang sudah kedaluwarsa bisa menimbulkan iritasi pada mata dan infeksi yang cukup parah bila dibiarkan, terutama jika memakai maskara dan eyeliner. Mulai sekarang, coba perhatikan kembali tanggal kedaluwarsa pada produk makeup Anda dan segera ganti dengan yang baru.

 

- Menatap Layar Digital Seharian

Kegiatan Anda sehari-hari mungkin tak lepas dari handphone, tablet atau laptop. Tahukah Anda, selain menjadi penyebab mata lelah, menatap layar terlalu lama dapat membuat mata Anda kering serta mengurangi produksi air mata.

 

- Tidak Periksa Mata

Pemeriksaan mata secara rutin perlu dilakukan setiap enam bulan sekali, baik usia muda mau pun usia tua. Hal itu berguna untuk mengetahui kesehatan mata kita dan langkah yang perlu dilakukan apabila terdapat sesuatu yang menganggu kesehatan mata.

 

Dari daftar di atas, mana yang paling sering Anda lakukan? Terlihat sepele, namun jika dibiarkan hal itu bisa berdampak besar ke depannya. Usahakan untuk mencuci tangan di mana pun Anda berada dan mengurangi kebiasaan kecil seperti yang disebutkan di atas. Periksakan mata Anda di dokter mata atau di ZEISS Vision Center terdekat.

BAGIKAN