Begini Kiat Mencegah Mata Minus Pada Anak

Saat ini aktivitas belajar mengajar anak terbilang sangat padat. Anak Anda akan selalu mempelajari hal baru di sekolah. Namun aktivitas sang buah hati tidak hanya berada di sekolah saja, mereka bisa menekuni hobi pertama atau bermain dengan teman-temannya. Jangan biarkan momen belajar mereka terganggu akibat mata minus. Gangguan mata minus dapat menurunkan kualitas belajar sang buah hati. 

Jika anak tidak bisa menikmati momen terpenting dalam hidup, perkembangan mereka akan terganggu. Sang anak bisa saja kesulitan belajar dan kehilangan potensi mereka di sekolah. Sebagai orang tua tentunya kita harus mendukung sang anak untuk meraih prestasi yang gemilang. Maka dari itu simak kiat-kiat mencegah mata minus pada anak berikut:

1. Batasi Waktu Screen-time Anak 

Menonton televisi, melihat layar komputer, atau bermain gawai disarankan tidak lebih dari dua jam sehari. Terlalu lama menatap layar gadget akan membuat anak Anda terbiasa melihat dengan jarak dekat. Terlebih radiasi sinar biru dari gadget berbahaya untuk kesehatan mata anak dalam waktu jangka panjang.

2. Istirahatkan Mata

Jika sang buah hati harus membaca dalam jarak dekat, mengerjakan tugas, bermain game di depan layar komputer, gunakan strategi 30 menit fokus lalu dilanjutkan dengan 10 menit istirahat. Jeda waktu istirahat dibutuhkan agar mata anak tidak terlalu bekerja keras untuk melihat dengan jarak yang sangat dekat. Saat istirahat, biarkan ia mengamati objek dengan jarak jauh, melihat yang berwarna hijau seperti tanaman, dan mengedip-kedipkan matanya.

3. Makan Makanan Bergizi

Mengonsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin A sangat membantu merawat kesehatan mata anak. Sayuran atau buah-buahan yang berwarna oranye seperti wortel dan pepaya mengandung banyak vitamin A. Vitamin A memungkinkan protein opsin terbentuk di sel kerucut dan protein rodopsin terbentuk di sel batang dekat bagian belakang mata

4. Perhatikan Posisi Duduk saat Menulis

Pastikan posisi kepala anak tidak terlalu menunduk pada saat sedang menulis di meja. Hal ini bertujuan agar ia tidak melihat bukunya terlalu dekat. Di samping itu, pastikan agar dada dan dagu anak tegak. Jangan biarkan anak terbiasa menulis dengan posisi kepala menyandar ke meja.

5. Aktivitas Fisik di Luar

Aktivitas fisik dapat menjadi ide yang baik untuk menggantikan screen time. Anda dapat mengajak anak rutin berolahraga bersama, berenang atau sekadar jalan keliling sekitar tempat tinggal. Saat berkegiatan di luar, mata anak secara tidak langsung dilatih untuk fokus melihat dalam jarak jauh. Aktivitas di luar ini sangat direkomendasikan apabila jadwal belajar menggunakan gadget lebih dari 5 jam.

Sebaiknya periksakan mata anak rutin 6 bulan sekali agar dapat mengatasi mata minus lebih dini. Apabila sang buah hati memerlukan kacamata, Anda dapat berkonsultasi langsung di Optik Tunggal, Optik Tunggal Next Generation atau ZEISS Vision Center. Belum sempat keluar rumah? Biarkan kami melayani Anda di rumah dengan Optik Tunggal Mobile Experience, segera hubungi customer service di 081113203000 atau 081113511000.

BAGIKAN