Atasi Mata Lelah Saat di Depan Komputer

Bagi para pekerja kantoran yang selalu berhadapan dengan komputer atau layar monitor lainnya, leher kaku dan mata lelah pasti sering dirasakan. Hal ini tentu dapat menimbulkan rasa tidak nyaman bahkan cenderung bisa menurunkan produktivitas kerja. Berikut adalah tips mudah yang bisa Anda lakukan di waktu kerja untuk mengatasi mata lelah:

 

1. Atur dan Sesuaikan Pencahayaan

Mata lelah seperti ketegangan mata, sering disebabkan oleh cahaya yang terlalu terang. Baik itu dari sinar layar, sinar matahari mau pun lampu pada ruangan. Siasati dengan menutup tirai agar sinar matahari tidak terlalu menyilau mata atau dengan mengganti lampu ruangan yang disesuaikan dengan keadaan cahaya yang ada.

 

2. Berkedip Lebih Sering.

Untuk mencegah kekeringan dan iritasi pada mata saat bekerja di depan komputer, berkediplah lebih sering agar bisa membasahi mata Anda. Latih mata Anda setiap 20 menit untuk berkedip sebanyak 10 kali dengan menutup mata secara lambat.

 

3. Atur Brightness Pada Layar Komputer

Sesuaikan cahaya layar monitor Anda pada cahaya di keadaan ruangan tempat kerja. Anda bisa mempertimbangkan hal lainnya dengan memasang layar anti glare pada monitor. Tips lain, sesuaikan kontras ukuran dan warna teks untuk kenyamanan mata Anda saat melihat, terutama saat membaca atau menyusun dokumen yang cukup panjang. Usahakan untuk selalu menggunakan teks hitam dengan latar belakang putih, ya!

BAGIKAN